Di Inhil Kebakaran Lahan Hanguskan 90 Rumah Penduduk

Kamis, 27 Februari 2014 - 13:36:27 wib | Dibaca: 2020 kali 

Gagasanriau.com.Pekanbaru-Kebakaran lahan dan hutan di Provinsi Riau merembet ke permukiman hingga turut menghanguskan 90 rumah warga di Kabupaten Indragiri Hilir.

"Kerugian warga diperkirakan mencapai Rp2,5 miliar," kata Kapolres Indragiri Hilir, AKBP Suwoyo, kepada wartawan di Pekanbaru, Kamis (27/2/2014).

Ia menjelaskan kebakaran itu berlokasi di Kampung Danau Simpang Kanan Desa Tanjung Simpang Kecamatan Pelangiran, Indragiri Hilir, pada pekan lalu. Saat itu tengah terjadi kebakaran besar di lahan dekat permukiman.

"Di duga api bermula dari percikan lahan yang terbakar. Kemudian api juga langsung menyambar ke rumah warga lainnya," ujarnya.

Ia mengatakan api menyebar dengan cepat melahap puluhan rumah warga karena mayoritas bangunan terbuat dari kayu.

"Hanya sekitar setengah jam kebakaran langsung menghanguskan 90 unit rumah," katanya.

Menurut dia, usaha warga untuk memadamkan kebakaran terkendala hembusan angin kencang dan minimnya tenaga pemadam kebakaran yang membantu. Warga secara swadaya berusaha untuk memadamkan api dengan delapan mesin pompa air portabel. Ia mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran itu namun kerugian warga diperkirakan mencapai Rp2,5 miliar.

Ia mengatakan polisi melakukan penyelidikan terhadap kejadian tersebut dengan mengamankan tempat kejadian perkara dan meminta keterangan dari saksi-saksi.(Ant)


Loading...
BERITA LAINNYA