Rosman Malomo Wabup Inhil, Buka Seminar Dan Workshop PPNI Inhil

Jumat, 09 Mei 2014 - 03:47:20 wib | Dibaca: 1921 kali 

Gagasanriau.com Tembilahan-Wakil Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Rosman Malomo membuka secara resmi Seminar dan Workshop Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) yang dilaksanakan di Gedung Daerah Engku Kelana Tembilahan. Kamis (8/5/14).

Kegiatan yang mengangkat tema Peran Perawat Dalam Mensukseskan Program JKN Di Kabupaten Indragiri Hilir ini hadiri Wakil Bupati Inhil, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil dan beberapa pejabat eselon dilingkungan Pemkab Inhil beserta pesetra yang terdiri dari Perawat di Inhil.

Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dilaksanakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Nasional (BPJS) perlu diketahui dan dipahami oleh seluruh masyarakat Indonesia.

"Jadi perlu dilakukan penyebarluasan informasi melalui sosialisasi kepada semua pemangku kepentingan dan masyarakat pada umumnya," kata Wabup Inhil dalam sambutannya.

Sistem Jaminan Sosial Nasional bertujuan untuk menjamin seluruh rakyat Indonesia memenuhi kebutuhan dasar hidupnya secara layak. "Kita seringkali mendengar keinginan dan harapan rakyat, agar mereka mendapat perlindungan atas resiko ekonomi, baik karena sakit, kecelakaan kerja, memasuki hari tua, dan pensiun," papar Wakil Bupati Inhil 2 priode ini.

Melalui Sistem Jaminan Sosial Nasional inilah, kata Rosman, Insyaallah keinginan dan harapan rakyat dapat kita penuhi khususnya dalam pembiayaan kesehatan secara lebih merata, lebih adil, dan dirasakan manfaatnya secara nyata oleh seluruh rakyat Indonesia pada umumnya, dan seluruh rakyat Inhil khususnya.

Penyebarluasan informasi sistem Jaminan Kesehatan Nasional melalui sosialisasi sangat perlu dilakukan secara maksimal, mengingat geografis Inhil sendiri yang sebagian besar terdiri dari daerah perairan dan daerah pelosok yang sulit dijangkau, sehingga perlunya dukungan dari semua pihak yang terkait khususnya tenaga kesehatan terutama Perawat yang berada di Kecamatan, dan Desa, Yang dapat memainkan peranan penting dalam mensukseskan Program JKN ini.

"Perawat sebagai tenaga kesehatan hampir 24 jam berada di sisi pasien, dengan memberikan pelayanan yang komprehensif , dengan ini diharapkan terjalin komunikasi yang baik antara perawat dan pasien, dan tentunya informasi tentang JKN dapat diberikan kepada pasien dan keluarga pasien secara efektif," terangnya.

Sementara itu Ketua PPNI Inhil Ns Matzen SKep MSi mengatakan kegiatan ini dilaksakan selama 1 hari dengan peserta seluruh perawat yang ada di Inhil.

"Ada juga penyampaian beberapa materi seperti Peran Perawat dalam Menyukseskan Program JKN yang disampaikan Zainal Arifin SKM MKes dan Sosialisasi BPJS Kesehatan yang diberikan oleh Erinal Mukhlis,"tandasnya.

Advertorial/Ragil Hadiwibowo

 


Loading...
BERITA LAINNYA