"BMKG Menyatakan Jika Terjadi Kebakaran Lahan Riau Kabut Asapnya Berpotensi Ke Malaysia Dan Singapura"

Kamis, 29 Mei 2014 - 06:37:08 wib | Dibaca: 1923 kali 

Gagasanriau.com Pekanbaru-Analis Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru menyatakan kebakaran hutan dan lahan berpotensi terjadinya kabut asap sampai ke negara tetangga Malaysia dan Singapura.

Dijelaskan Analis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Ardhitama di Pekanbaru, Kamis (29/5/2014), mengatakan, saat ini arah pergerakan angin sudah dari Tenggara sampai dengan Barat Daya yang artinya mengarah ke negara-negara tetangga itu.

"Kemungkinan adanya peluang hujan ini disebabkan penerapan Teknologi Modifikasi Cuaca yang dilakukan oleh tim satuan tugas penanggulangan bencana kabut asap Riau," kata Ardhitama.

Satelit National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) 18 milik Amerika Serikan dan dioperasikan Singapura pada Rabu sore (28/5) telah mendeteksi kemunculan 51 titik panas (hotspot) di daratan Pulau Sumatra dan terbanyak di Riau mencapai 37 titik.

"Sebanyak 12 di antaranya berada di Kabupaten Rokan Hilir," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Said Saqlul Amri.

Belasan "hotspot" di Rokan Hilir itu tersebar di sejumlah wilayah meliputi Kecamatan Pasir Limau Kapas (5 titik), Sinaboi (2 titik), kemudian di Kecamatan Bagan Sinembah, Bangko Pusako, Batu Hampar dan Kecamatan Kubu serta tanah Putih masing-masing terdeteksi satu titik panas.

Titik panas lainnya berada di Kabupaten Bengkalis, Pelalawan, Indragiri Hilir, dan Kota Dumai.(Ant)


Loading...
BERITA LAINNYA