Pemkab Rohil Diminta Tertibkan Peternak Babi Ditengah Perkampungan

Jumat, 03 Juli 2015 - 09:07:36 wib | Dibaca: 1839 kali 

Gagasanriau.com Bagan Sinembah - Sejumlah warga meminta kepada pemerintah untuk menertibkan peternakan Babi milik warga yang sangat jorok dan disinyalir menimbulkan aroma busuk yang sangat menyengat, pasalnya lokasi peternakan babi ini persis di tepi jalan Suka Rame Bagan Batu yang merupakan akses utama warga di lingkungan padat penduduk ini.

Selain itu aroma bau busuk dari kandang ternak babi tersebut sudah sedemikian parah dan aromanya sudah sangat menganggu serta meresahkan warga sekitar.

"Bau kali kalau lewat sini, terkadang sampai menutup hidung karna gak sanggup menahan bau, itupun masih tetep bau juga, ampun gak sanggup kenapa ya dibiar-biarkan," kata Rudi warga setempat, Jumat (3/7) kepada wartawan.

Bahkan kata Rudi, tetangga di sekitar peternakan Babi tersebut juga mengeluhkan hal yang sama namun tidak memiliki keberanian untuk menegurnya dengan alasan segan karena pemilik peternakan Babi tersebut adalah oknum ketua RT.

"Ibu yang tinggal di belakang rumah pemilik peternakan babi itu bilang, ' bau kali aroma dari kandang babi tersebut sampai gak betah saya tinggal di rumah saya sendiri," ujar rudi sembari menirukan ucapan tetangga yang tinggal di belakang peternakan babi tersebut.

Senada juga disampaikan oleh Tini Salah seorang warga Sukarame yang mengaku sangat terganggu dengan aroma busuk yang berasal dari kandang babi tersebut. "Sudah jorok dan bau banget, tiap hari lewat jalan ini harus tutup hidung, herannya kok gak ngerti juga ya pemilik peternakan ini, padahal aromanya sudah membuat tidak nyaman, selain itu juga keberadaan kandang ternak ini kan ditengah-tengah pemukiman padat penduduk. Sehingga dikhawatirkan akan menimbulkan penyakit berbahaya," ujar wanita yang berprofesi sebagai petugas medis ini khawatir.

Oleh karenanya ia meminta kepada pemerintah setempat agar menertibkan peternakan tersebut dan merelokasikannya di tempat yang jauh dari pemukiman warga.

"Kita bukan iri atau usil sama orang yang mau usaha tapi tolong berempati dikitlah karena ini kan sangat mengganggu belum lagi resiko penyakit yang bakal ditimbulkan kan berbahaya, dan kepada fihak terkait ditertibkanlah peternakan jangan dibiarkan berlama-lama, karena selain jorok juga dikhawatirkan akan sangat membahayakan kesehatan orang sekitar," ucapnya.

Berdasarkan pantauan menyebutkan bahwa, kandang babi tersebut berada persis dibelakang rumah pemiliknya sekaligus persis berada di tepi jalan Sukarame yang merupakan akses vital warga dipemukiman padat penduduk, tampak kandang-kandang terbuat dari kayu tersebut untuk skat kandang diisi satu ekor Babi, setidaknya dalam lokasi peternakan tersebut tidak kurang dari 5 ekor babi, saat melintasi jalan Sukarame tersebut pasti akan tercium bau busuk yang sangat menyengat.

Reporter Hermansyah


Loading...
BERITA LAINNYA