Ketua DPRD Inhil Dukung Program Penanggulangan Karlahut Pusat

Jumat, 23 Oktober 2015 - 07:28:57 wib | Dibaca: 1853 kali 

GagasanRiau.com Tembilahan - Sesuai dengan intruksi Presiden Jiko Widodo (Jokowi) agar pemerintah daerah di tahun mendatang lebih siap menghadapi musim kemarau untuk mengantisipasi kebakaran lahan dan hutan, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) mendukung penuh.

Hal ini sehubungan dengan perginya Bupati Kabupaten Indragiri Hilir HM.Wardan, ke Istana Negara RI untuk menghadiri Rapat kerja pemerintah (RKP) di Jakarta, Rabu 21/10/2015.

Untuk itu Ketua DPRD Inhil, Dani M Nursalam, mengatakan sebagai bentuk dukungan kepada Pemerintah Kabupaten dalam bentuk menganggarkan program pencegahan dan penanggulangan Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut) pada tahun 2016 nanti.

"Kita akan mendukung program pencegahan Karlahut ini dan kita akan menganggarkannya. Namun tentu kita akan menyesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah,"ujar Dani. "Hal ini dimaksudkan agar kebakaran lahan dan hutan cepat kita tanggulangi dengan cepat dimana ada sumber titik api yang bisa menyebabkan sumber asap. Program pencegahan ini sesuai himbawan Pak Presiden RI untuk membantu daerah yang rentan akan kebakaran, melalui program ini masyarakat bisa terbantu untuk pemadaman kebakaran dengan cara menyediakan mesin robin di setiap desa, serta membuat bloking kanal, embung atau sumur artesis di wilayah yang rentan terjadinya kebakaran"papar Dani. Sedangkan untuk penanggulangan kabut asap, dikatakan Dani, penyedian masker, obat-obatan dan mengoptimalkan pos kesehatan di setiap desa harus dilakukan. Program ini telah disepakati oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Inhil pada APBD tahun 2015 ini.

Reporter Daud.M.Nur


Loading...
BERITA LAINNYA