Stress Sampah Terus Menumpuk, Pemko Curigai Warga Pekanbaru

Jumat, 24 Juni 2016 - 16:07:21 wib | Dibaca: 2954 kali 
Stress Sampah Terus Menumpuk, Pemko Curigai Warga Pekanbaru
Sampah ditengah Kota Pekanbaru

GagasanRiau.Com Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru mencurigai warga Pekanbaru membuang sampah meskipun pihak pemerintah sudah berkerja keras membersihkan. Dan untuk itu Pemko Pekanbaru akan melakukan upaya memata-matai warga yang dicurigai serta melakukan penangkapan untuk diserahkan ke Walikota Firdaus.

Pemko Pekanbaru melalui Satuan Polisi Pamong Praja Kota Pekanbaru menyatakan akan menangkap siapa saja warga atau swakelola yang kedapatan membuang sampah di sembarang tempat, menyusul masalah sampah yang melanda wilayah tersebut.

"Kami siap melakukan pengintaian untuk menangkap pelaku pembuangan sampah sembarangan ini," kata Kepala Badan Satpol-PP Pekanbaru, Zoel Fahmi Adrian, di Pekanbaru, Jumat (24/6/2016).

Menurut Zoel diminta atau tidak pihaknya siap untuk melakukannya demi kebersihan kota.

Ia bahkan mengaku upaya ini sudah dilakukan, tujuannya agar masyarakat tahu dan teratur membuang sampah pada tempatnya tidak sembarangan, karena memperburuk kinerja petugas pengangkutan yang sudah berupaya keras bekerja siang malam membersihkan kota.

Apalagi pascakrisis sampah yang melanda dimana masa transisi dari pengelolaan pihak ketiga yakni ke PT Multi Inti Guna (MIG) ke tangan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP).

"Kami sudah menerima laporan, ada kecurigaan para pelaku swakelola yang sudah menerima uang kutipan pengangkutan sampah ikut membuang sampah dilokasi tumpukan sampah masyarakat," kata dia lagi.

Menurut dia wilayah yang rawan jadi lokasi pembuangan sampah sembarangan di wilayah pinggiran, seperti  Panam, Pasar Pagi Arengka, Jalan Riau Ujung dan sebagainya.

"Personil kami mengintai berpakaian bebas," tegasnya.

Bagi yang ketangkap basah, ia menambahkan  akan langsung melakukan pengamanan dan melaporkan ke Walikota, untuk mendapatkan sanksi.

Ditempat yang berbeda Pelaksana tugas  Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP), Zulkifli Harun membenarkan, bahwa pihaknya sudah bekerja keras siang malam mengangkut tumpukan sampah.

Namun belum maksimal, karena ada yang mencurigakan dari pola pembuangan sampah warga. Dimana ketidak teraturan dan berulang kali dalam waktu tidak lama.

Ini dibuktikan terang Zul, demikian sapaan akrab awak media, saat malam hari tumpukan sampah sudah diangkut bersih, lalu hanya dalam kurun waktu beberapa jam kemudian keesokan paginya sampah kembali penuh seperti sedia kala.

"Kalau yang buang masyarakat itu tidak mungkin, karena sudah bersih malamnya, kok pagi-pagi penuh lagi seperti biasa," terangnya heran.

Ia yakin ini adalah ulah para pengakut swakelola yang kini ada di pemukiman masyarakat dan perumahan. Tadinya mereka membuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA), sesuai bayarannya, mencoba mengambil kesempatan disela krisis sampah yang melanda Pekanbaru dengan membuang pada lokasi tumpukan yang digunakan masyarakat.

Editor Arif Wahyudi
sumber antarariau


Loading...
BERITA LAINNYA