Selain sebagai Pusat Pertunjukan

Kawasan Bandarserai Digagas sebagai Pusat Kuliner Melayu

Jumat, 09 Maret 2018 - 15:23:36 wib | Dibaca: 2978 kali 
Kawasan Bandarserai Digagas sebagai Pusat Kuliner Melayu
Salah satu pertunjukan di Bandarserai. (f: grc)

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU-Untuk menunjang keberadaan Bandarserai, Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Riau akan menggelar 40 atraksi seni yang dikemas dalam acara pertunjukan seni kreatif 2018. Hal ini dimaksudkan agar semakin banyak masyarakat yang berkunjung ke destinasi itu, dan menjadi alternatif hiburan bagi pengunjungnya.
 
Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Riau, Fahmizal, menuturkan pertunjukan seni kreatif 2018 ini akan digelar pada setiap hari sabtu malam (malam minggu, red) di Arena Loop kawasan Bandarserai purna MTQ Pekanbaru. Acara akan digelar pada setiap hari Sabtu, (malam minggu) pukul 20.00 wib. Pada minggu ini pelaksanaanya pada Sabtu, (10/3).
 
''Kegiatan ini bakal menyajikan berbagai kekayaan pertunjukan, serta genre seni, baik itu seni apresiasi, seni hasil kreatifitas sekolah maupun kelompok atau komunitas musik dan band yang ada di Riau,'' tutur Kadispar Riau, Fahmizal Usman.
 
''Panggung ini merupakan kegiatan terobosan untuk menopang aktifitas kawasan Bandar Serai. Dispar Riau melalui Riau Creative Centre (RCC) juga akan memberikan wadah bagi pelaku ekonomi kreatif yang terbagi dalam 16 subsektornya,'' kata Kadispar Riau.
 
Fahmizal mengungkapkan, bahkan rencana  ke depannya, selain menjadikan kawasan Bandarserai sebagai pusat pertunjukan, RCC Dispar Riau juga menggagas kawasan itu sebagai tempat pusat kuliner melayu dan 16 sub sektor ekonomi kreatif lainya.
Pada panggung seni kreatif episode ke-dua ini, Dispar Riau akan menampilkan, Sendratasik FKIP UIR, musikalisasi dari SMA Cendana dan Gurp Band adalah Idea Band. Sendratasik UIR pada penampilan besok akan menyajikan tari eksplorasi.
 
Sebagai pelaku seni dari akademisi, mereka akan menarikan tarian-tarian nusantara. Hal itu dilakukan untuk memberikan pengamalan estetika panggung bagi mahasiswa dalam mengenal jenis tarian yang ada di nusantara ini. Sedangkan musik, mereka menggarap komposisi musik yang berangkat dari musik tradisi, dengan menghadirkan kolaborasi menjadi karya musik yang baru.
 
Kemudian, dari SMA Cendana pekanbaru akan menyajikan musikalisasi, pemain gambus, karya Idrus Tintin, merah putih genting, karya Iyut Fitra, serta Bahasa Bangsa, karya M. Yamin. Selanjutnya Idea Band akan menampilkan karya-karyanya ciptaannya.
Pada acara ini, hasil karya cipta  kreatif dari kelompok, grup dan  komunitas sangat diutamakan, sehingga para pengunjung yang datang dapat menyaksikan atraksi pertunjukan seni karya-karya asli para pelaku seni yang tampil pada acara itu.***
 
Editor : Evi Endri
Loading...
BERITA LAINNYA