Harga Sawit Meroket Hingga Rp. 1.795/kg

Jumat, 08 November 2013 - 03:34:53 wib | Dibaca: 2132 kali 

[caption id="attachment_5917" align="alignleft" width="263"]Harga Sawit Terus Mengalami Kenaikan Harga Sawit Terus Mengalami Kenaikan[/caption]

gagasanriau.com, Pekanbaru - Setelah beberapa pekan terakhir ini harga TBS sawit Riau terus mengalami kenaikan, pekan depan akan kembali mengalami kenaikan. Bahkan Tim Pelaksanaan Harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit Riau telah menetapkan harga sawit Rp1.795/kg untuk usia 10 tahun.

Dengan ditetapkannya harga TBS sebesar Rp1.795/kg berarti telah terjadi kenaikan sebesar Rp25/kg dibandingkan pekan lalu yang harganya Rp1.770/kg. "Pekan ini dengan mempertimbangkan betrbagai hal maka ditetapkan harga TSB sebesar Rp1.795/kg," Sebut Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Riau, Drs. H. Zulher MS kepada gagasanriau.com di kantornya.

Ditambahkannya, salah satu penyebab harga TBS sawit Riau mengalami kenaikan adalah makin naiknya permintaan CPO di pasaran dunia. Kenaikan permintaan itu, terutama dari sejumlah negara seperti India, China dan beberapa negara di Afrika.

"Salah satu yang mempengaruhi harga TBS sawit memang tingkat permintaan CPO di pasaran dunia. Jika permintaan CPO di pasaran dunia meningkat maka sudah dapat diprediksi harga TBS sawit juga akan mengalami peningkatan", ujarnya.

Karena itu, lanjut Zulher, pemerintah provinsi Riau berharap permintaan CPO di pasaran dunia ini terus mengalami peningkatan, sehingga harga TBS Riau bisa memakin naik dan semakin bagus. "Jika harga TBS sawit terus naik tentunya akan membuat hidup petani sawit Riau jadi makin sejahtera," tegasnya.

Eka Saputra


Loading...
BERITA LAINNYA