Daerah

Libur Panjang Pustaka Wilayah Riau Ramai Dikunjungi

pus 1gagasanriau.com - Libur panjang jelang tahun baru biasanya orang tua dan anak-anak biasanya  menghabiskan waktu dengan berpergian ke luar kota atau menghabiskan waktu di pusat perbelanjaan seperti di mall ataupun di tempat wisata keluarga yang dipenuhi oleh permainan anak-anak, namun kali ini pemandangan indah tampak di perpustakaan wilayah Riau Soeman HS pekanbaru.

Saat gagasanriau.com mendatangi perpustakaan yang berlokasi di jalan cut nyak dien pekanbaru sabtu, 29/12/12 tampak hampir seluruh anak-anak mengisi waktu liburannya dengan membaca buku di perpustakaan terbesar di Indonesia ini.

Kegiatan positif yang anak-anak lakukan ini tampak ditemani oleh orang tua mereka dengan membimbing serta menuntun kegiatan gemar membaca serta mengisi wawasan mereka dalam tumbuh kembang anak-anak sejak dini.

Salah satu pengakuan orang tua yang menemani anak-anak mereka Sarmin (32) mengatakan bagaimana anak-anak bisa mencintai buku dan belajar membaca dengan menyerap hal-hal yang positif.

"Dengan adanya  Perpustakaan provinsi ini, kita manfaatkan dengan mengisi waktu libur dengan membawa anak-anak kesini" katanya kepada gagasanriau.com

Lebih lanjut, bapak 2 anak yang berasal dari tenaga pengajar di salah satu sekolah dasar di pekanbaru ini menuturkan hal-hal yang kita tuntun bagaimana anak-anak membaca buku berdasarkan golongan usianya.

"Anak-anak kita kan ada dari TK dan SD, jadi saya mengarahkan ini buku untuk anak TK dan ini buku untuk anak SD" ujarnya sambil duduk santai.

Berbeda halny dengan Zehra (17) sengaja datang bersama adik-adik serta orang tuanya dengan mengajarkan adik-adiknya ke arah buku pelajaran sekolah.

"Saya lebih menuntun adik-adik saya ini lebih ke arah buku-buku pelajaran" imbuhnya.

Di lain pihak pustakawan Soeman HS Provinsi Riau Amirti (43) mengatakan dengan adanya liburan sekolah ini orang tua bisa memanfaatkan waktu dengan membawa anak-anaknya kesini. Karena pada saat waktu jam pelajaran sekolah waktu terbatas karena telah diisi oleh kegiatan-kegiatan sekolah mulai dari pagi hingga sore jadi kesempatan libur panjang inilah orang tua membawa anak-anak mereka.

"Dengan adanya libur panjangini kesempatan bagi orang tua dengan membawa anak-anak mereka dengan disini dengan memanfaatkan koleksi buku-buku yang ada di perpustakaan ini". Tukas amirti

Amirti juga menjelaskan saat ini koleksi buku-buku yang ada di perpustakaan Soeman HS hingga desember 2012 ini meliputi 3000 buku dengan 9000 judul buku. Mulai dari buku-buku yang sifatnya ringan hingga buku-buku pelajaran untuk anak-anak SD,SMP dan SMA.

pus 2"Untuk koleksi buku pelajaran bagi anak-anak sekolah biasanya hanya sebagai penunjang saja, karena sekolah telah menyediakan buku yang sesuai kurikulum dan jenis penerbit buku. Jadi, beda sekolah, beda pula buku-buku penerbit nya, karena semuanya ditentukan oleh kebijakan dari sekolah masing-masing sedangkan perpustakaan ini hanya menyediakan buku-buku penunjang seperti soal-soal ujian"  ujarnya kepada reporter gagasanriau.com.

Menurut penuturan pustakawan ini bila ada yang kurang berkenan dan kurangnya pelayanan di perpustakaan ini, harap dapat dimaklumi dikarenakan kurangnya tenaga bantuan yang berada di lingkungan perpustakaan. (BI)


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar