Daerah

HIPMAWAN Desak PT. RAPP Angkat Kaki Dari Pelelawan

[caption id="attachment_1993" align="alignleft" width="300"]Aksi Himpunan Pelajar Mahasiswa Pelelawan Aksi Himpunan Pelajar Mahasiswa Pelelawan[/caption]

gagasanriau.com- PT. Riau Andalan Pulp and Paper (PT. RAPP) perusahaan bubur kertas yang selama ini beroperasi di Provinsi Riau yang menggunakan kayu alam sebagai bahan bakunya serta penguasaan lahan milik negara yang begitu luas, lagi-lagi di demo dan ditentang.

Dibawah terik matahari jalan Jenderal Sudirman Tugu ikan Selais Pekanbaru belasan mahasiswa Himpunan Pelajar dan Mahasiswa Pelelawan (Hipmawan) gelar aksi demonstrasi Kamis 18/4/2013. Mengecam dan mendesak PT. RAPP angkat kaki dari Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau.

Berdasarkan pernyataan sikap yang diberikan kepada jurnalis yang meliput aksi tersebut Hipmawan menganggap keberadaan PT. RAPP di kabupaten mereka lebih banyak merugikan kehidupan masyarakat daripada manfaatnya.

Dalam pernyataan sikapnya Hipmawan mengumpulkan bukti berupa kerusakan lingkungan disungai Kampar akibat limbah industri pabrik bubur kertas adalah penyebabnya dan ini salah satu bukti perusahaan HTI tersebut membawa bencana.

Menurut Hipmawan lagi PT. RAPP juga hanya menyebabkan kemiskinan masyarakat petani  karena semakin sempitnya lahan untuk mereka bertani serta perampasan lahan-lahan milik petani yang sudah mereka garap berpuluh tahun namun dikuasai perusahaan yann dengan mudah mendapat izin dari pemerintah.

Abdul Wahab koordinator aksi dalam orasi politiknya mendesak PT. RAPP segera angkat kaki dari kabupaten Pelelawan karena hanya memberikan kesengsaraan bagi masyarakat kabupaten Pelelawan.*Adit*


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar