Daerah

BEM Unri Desak Komponen Bangsa Kembali Ke Pancasila

[caption id="attachment_2469" align="alignleft" width="300"]BEM Unri Aksi peringati Hari Lahir Pancasila BEM Unri Aksi peringati Hari Lahir Pancasila[/caption]

gagasanriau.com-Seperti biasa bundaran tugu tari Zapin didepan kantor gubernur Riau jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru, seakan menjadi langganan para demonstran untuk melakukan aksiSabtu pagi sekitar pukul 9.30 Wib puluhan mahasiswa dari Universitas Riau aksi kampanye terkait lahirnya Pancasila setiap tanggal 1 Juni.

Mahasiswa Unri dari Himpunan program studi PPKn, dengan berbagai macam bentuk spanduk, dan selebaran mengkampanyekan kepada seluruh pengguna jalan yang melintas di seputaran tugu untuk kembali kepada Pancasila.

Mereka menganggap bahwa dalam budaya keseharian masyarakat Indonesia tidak mencerminkan lagi budaya dan nilai-nilai yang dikandung Pancasila sebagai azas negara.

Justru budaya Individualistik menjadi budaya keseharian sedangkan nilai-nilai kegotong-royongan didalam Pancasila tidak lagi jadi warna kehidupan yang sosialis yang jelas terkandung di sila kelima Pancasila "Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia".

Mereka juga mengkritisi tentang perpecahan didalam sistem bernegara, karena maraknya terjadi konflik antar suku diberbagai daerah adalah bagian tidak terpisahkan dari nilai-nilai yang dikandung dalam Pancasila sila ketiga "Persatuan Indonesia".

Dalam tuntutannya mereka mendesak agar rezim Sby-Boediono maupun pemerintahan daerah diseluruh Indonesia segera kembali menjalankan amanat dari Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari. *Adit*


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar