Daerah

Tradisi “Petang Megang” Di Negeri Lancang Kuning

[caption id="attachment_3047" align="alignleft" width="300"]Petang Megang Tradisi Petang Megang di Sungai Siak, Tradisi Petang Megang di Sungai Siak, Pekanbaru 1[/caption]

gagasanriau.com -Tak komplit rasanya menjalankan ibadah puasa sebelum melakukan ritual adat Melayu Riau yang  disebut Petang Megang atau biasa juga dikenal dengan ritual adat Balimau Kasai.

Di negeri Lancang Kuning tepatnya di Pekanbaru acara yang di lakukan pada sore hari sebelum datangngnya bulan puasa ini sudah menjadi agenda tahunan.

Seperti tahun tahun sebelumnya  , tahun ini pemerntah kota Pekanbaru juga akan menyiapkan event serupa di pelataran sungai Siak

Acara ini juga akan di hadiri oleh walikota dan masyarakat kota  Pekanbaru, selain menjadi prosesi penyucian diri juga event ini menjadi ajang wisata.

 Menurut sekretariat kehumasan Walikota Azharisman rozi kepada gagasanriau.com beserta rombongan akan menghadiri acara ini pada pukul Selasa jam 4 sore 9/7/2013 setelah selesai berziarah ke taman makam pahlawan yang mendirikan kota pekanbaru tepatnya di masjid raya.

Tradisi Petang Megang ini biasanya akan di padati oleh  penduduk yang ingin menyaksikan acara tersebut secara dekat. Acara ini biasanya diakhiri dengan mandi balimau secara massal di sungai Siak, tujuannya untuk mensucikan diri sebelum menyambut bulan suci Ramadhan.

Dian Rosari


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar