Daerah

Mei 2016, RAPBD Rohil Sampai di Tangan Pemprov Riau

Plt Sekdakab Rohil H. Surya Arfan

GagasanRiau.Com Bagansiapiapi - Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) Rohil tahun 2017 akan diserahkan ke tangan Pemprov Riau pada bulan Mei 2016 Mendatang.

Demikian dikatakan Plt Sekdakab Rohil H. Surya Arfan, tahun 2016 ini semua kegiatan yang dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) harus masuk dalam Rencana Kegiatan Perangkat Daerah (RKPD).

Hal yang sama juga berlaku untuk tahun 2017, dan saat ini Rohil sudah mulai melaksanakan kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) ditingkat kecamatan.

"Dalam rapat evaluasi APBD 2016 dengan Tim Evaluasi Propinsi Riau Senin lalu menyebutkan agar segera dibenahi jadwal tahapan-tahapan penyusunan RAPBD. Insya Allah untuk RAPBD 2017 sudah dimulai Musrenbang kecamatan, Maret Musrenbag kabupaten, April penyusunan RKPD dan konsultasi dengan DPRD, Mei RKPD sudah diserahkan ke Provinsi," kata Surya Arfan, Rabu (27/1/16).

Sekda optimis, apabila tahapan ini dipatuhi, maka RAPBD bisa segera dibahas bersama DPRD. ‎Dan nantinya akan diawali dengan penyusunan KUA-PPAS sekaligus pembahasan bersama DPRD Rohil.

"Kita berharap kepada seluruh SKPD untuk segera bisa menyusun rencana kerja. Apalagi Bappeda Rohil sudah menyusun jadwal tahapan-tahapan tersebut untuk dipatuhi semua pihak," ujarnya.

Namun kedepan ia juga berharap dalam RAPBD 2017 mendatang tidak ada lagi kegiatan di luar RKPD. Bahkan, lanjut dia, istilah dana partisipasi dewan juga sudah tidak ada, termasuk bansos dan hibah juga masuk dalam RKPD.

"Makanya saat Musrenbang kecamatan para anggota legislatif sesuai dapil ikut serta dan di sanalah dimasukkan program mereka bersama dengan usulan masyarakat lainnya," Tutup surya.

Reporter Gege Jun


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar