Daerah

Rohil Butuh Dana Besar Percantik Danau Si Janda Gatal

Masyarakat saat berkunjung ke Danau Janda Gatal, Rokan Hilir

GagasanRiau.Com Bagansiapiapi- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) berencana ingin mengembangkan objek wisata Danau Janda Gatal yang ada Kelurahan Bagan Jawa Kecamatan Bangko.

Namun, untuk mempercantik danau itu agar diminati para wisatawan asing maupun lokal, diperlukan dana yang sangat besar. Diperkirakan, dari Detail Enginering Desain (DED) yang dibuat, dana yang dibutuhkan bisa mencapai puluhan milyar.

"Biayanya cukup besar memang, setelah kita perkirakan dananya itu mencapai puluhan milyar,"ujar Zulkarnain, Kepala Dinas Pariwisata Rohil,  Rabu (16/3/15).

Adapun biaya yang cukup besar itu jelasnya, mulai pembuatan tribun, lahan parkir, mushalla, restoran dan lainnya. Bahkan, rencananya agar danau Janda Gatal itu lebih menarik lagi, akan dibuatkan jembatan penghubung ke pulau-pulau yang ada di dekatnya.

Selain itu, juga akan dibuatkan kereta gantung agar para pengunjung bisa menikmati pemandangan indah mulai dari danau itu hingga ke lokasi wisata Batu Enam dan jembatan pedamaran yang diperkirakan panjang perjalanannya mencapai 15 kilometer.

Ditargetkan, tahun 2018 mendatang wacana ini sudah bisa difungsikan untuk dinikmati oleh para wisatawan. Akan tetapi, hal ini sulit dipercepat karena APBD Rohil yang mengandalkan Migas mengalami defisit sebesar Rp 812 milyar.

Untuk mengantisipasi itu, Dinas Pariwisata Rohil telah mengajukan rencana ini ke Dinas Pariwisata Provinsi Riau agar bisa dibantu menggunakan dana APBD maupun APBN.

"Alhamdulillah, dari rapat yang kita lakukan tanggal tujuh kemarin di Pekanbaru, ada tanggapan positif dari Dinas Pariwisata Provinsi Riau, kita disuruh persiapkan DED nya," ungkap Zulkarnain.

Reporter Gege Jun


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar