Hukum

Kejari Tingkatkan ke Penyidikan Soal Dugaan Korupsi di Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pasar Rohil

Kajari Rohil saat memberikan keterangan/liputanoke.com

GagasanRiau.Com Tembilahan - Kejaksaan Negeri Bagansiapiapi tingkatkan status Dugaan Korupsi pemeliharaan kegiatan rutin berkala kendaraan operasional pada Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pasar (DKPP) Rokan Hilir ke tingkat penyidikan. Diduga kerugian negara pada kegiatan tersebut negara dirugikan sebesar Rp 2 miliar lebih.

Hal itu disampaikan Kepala Kejaksaan Negeri Bagansiapiapi Bima Suprayoga, SH.M.Hum diruang kerjanya, Selasa (22/03/16) siang didampingi Kasi Pidsus Amrianyah, SH, Kasi Intel Odit .M, SH, Kasi Pidum Sobrani Binzar, SH, Kasi Datun Andreas Tarigan, SH dan Kasubag Bin Haryanto.

Dijelaskan Bima, peningkatan status berdasarkan Surat Keputusan Kajari Bagansiapiapi Nomor Print 01/N.4/19/FD.1/03/2016 tertanggal 22 maret 2016 tentang telah dimemulainya penyidikan.

“Peningkatan status merupakan hasil dari penyelidikan yang dilakukan oleh pihak kejari sebelumnya. Pada penyelidikan itu, ditemukan dua alat bukti yang diyakini cukup memulai penyidikan nantinya”, terang Bima.

Dikata Bima, untuk kepastian jumlah kerugian negera, pihaknya masih menunggu perhitungan dari Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan perwakilan Provinsi Riau di Pekanbaru.

“BPKP merupakan pengawas internal pemerintahan. Kejaksaan tidak bekerja sendiri, tapi bekerja secara inprensif”, paparnya.

Mengenai sejauh mana hasil penyelidikan yang dilakukan pihaknya, Bima menyampaikan bahwa pihaknya sudah memanggil 15 orang untuk diminta keterangan. Namun hanya sebatas minta keterangan.

“Sudah naik ke penyidikan, akan kita tingkatkan menjadi saksi”, ungkapnya. Siapa-siapa yang sudah diminta keterangan, Kajari enggan menjelaskan karena masih dalam tahap penyidikan.

“Nanti dipersidangan kita buka semua, kita transparan,tak ada yang kita tutupi. Kita bekerja sesuai dengan Undang-undang, kadi akan kita buka dipengadilan”, tutupnya.

Reporter Gege Jun


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar