Daerah

Menkumham Akan Tinjau Rutan Over Kapasitas di Rohil

Plt Sekdakab Rohil Surya Arfan

GagasanRiau.Com Bagansiapiapi - Jika tak ada aral melintang, 23 April mendatang Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Republik Indonesia Yasonna Laoly akan melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Rokan Hilir (Rohil).‎

Agenda Kunkernya itu, untuk meninjau Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II Bagansiapiapi sekaligus melihat lahan pembangunan Rutan baru yang telah disiapkan pemerintah setempat.

"Agenda sementara Menteri melihat rutan dan lahan pembangunan lapas baru, bahkan pemkab bersama pihak rutan saat ini tengah mempersiapkan acara yang juga nantinya akan dihadiri langsung oleh Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahman," ungkap Plt Sekda Surya Arfan kamis (14/04/2016)

Surya menjelaskan, Pemkab Rohil telah lama menyediakan lahan tepatnya di Simpang 200, Kepenghuluan Parit Aman, Kecamatan Bangko untuk pembangunan rutan yang saat ini sudah over kapasitas.

"Bapak Bupati menginginkan agar warga binaan bisa tinggal dengan layak meskipun didalam rutan. Makanya pemkab menyiapkan lahan untuk pembangunan rutan baru," paparnya

Hal itu dikarenakan Kondisi over kapasitas Rutan Cabang Bagansiapiapi menurutnya sudah menjadi sorotan Nasional, bahkan telah diberikan gelar dengan Rutan Terpadat di Indonesia.rutan yang seharus nya berkapasitas 98 orang kini di huni lebih dari 700 narapidana.

"Tentunya kita berharap pembangunan bisa dimulai tahun ini juga agar rutan yang lama bisa segera pindah, apalagi saat ini letaknya sudah tidak strategis ditengah kota dan berdekatan dengan RSUD Dr Pratomo Bagansiapiapi,"tandasnya.

Reporter Gege Jun


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar