Pak Presiden, Kabupaten Kepulauan Meranti Dindikasikan Terjadi Penyelundupan Sabu


Dibaca: 3755 kali 
Rabu,27 April 2016 - 13:12:33 WIB
Pak Presiden, Kabupaten Kepulauan Meranti Dindikasikan Terjadi Penyelundupan Sabu Narkoba jenis sabu-sabu (ilustrasi)

GagasanRiau.Com Pekanbaru - Kabupaten Kepulauan Meranti selain identik dengan penghasil sagu, ternyata juga mempunyai ciri khas yakni tempat masuknya Narkoba berjenis sabu-sabu. Untuk perlu ada penambahan personel kepolisian untuk mengamankan wilayah pesisir ini.

"Karena saking rawannya, Kepulauan Meranti bukan hanya identik dengan sabu, tapi juga penyelundupan narkotika sabu," kata Pandra Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Z. Pandra Arsyad, ketika dihubungi Antara dari Pekanbaru, Rabu (27/4/2016).

Dipaparkan oleh Pandra, jajaran Kepolisian Resor Kepulauan Meranti kekurangan sekitar 350 personel untuk mengamankan daerah pesisir Provinsi Riau yang terdiri dari banyak pulau.

"Idealnya dengan kondisi geografis dan lainnya, Polres Kepulauan Meranti membutuhkan sedikitnya 700 personel. Namun, kini baru ada setengahnya saja," katanya lagi.

Kepolisian setempat beberapa kali membuka rekrutmen anggota baru untuk daerah tersebut. Ia mengatakan warga yang tertarik mengabdi sebagai polisi bisa langsung mendaftar ke tempat yang disediakan di Mapolres Kepulauan Meranti.

Selain kekurangan personel, Pandra mengatakan Polri juga perlu membenahi fasilitas dan infrastruktur pendukung untuk jajarannya agar bisa bekerja maksimal. "Penambahan jumlah personel harus dibarengi dengan ketersediaan sarana dan prasarana, tak mungkin kalau barak petugas masih bedeng saja," ujarnya.

Sebagai kabupaten termuda di Provinsi Riau, Pandra mengatakan tugas Polri untuk mengamankan daerah pesisir yang terdiri dari banyak pulau cukup kompleks dan vital. Ia menyadari pihaknya masih kekurangan sarana pendukung terutama kapal untuk menjangkau pulau-pulau secara cepat.

"Di Polres Meranti belum ada Satuan Polisi Air, dan kami belum punya kapal operasional. Tidak mungkin mengamankan pulau-pulau hanya menggunakan sepeda," katanya.

Kabupaten Kepulauan Meranti menjadi daerah otonomi sendiri setelah lepas dari Kabupaten Bengkalis pada 2009. Daerah pesisir ini memiliki luas sekitar 3.707,84 kilometer persegi dan terdiri dari pulau-pulau. Pulau yang terbesar diantaranya adalah Pulau Rangsang, Tebing Tinggi, Merbau dan Pulau Padang.

Kepulauan Meranti secara geografis menghadap ke Selat Malaka, sehingga daerah ini menjadi "beranda depan" daerah segitiga pertumbuhan ekonomi (growth triangle) Indonesia-Malaysia-Singapura. Daerah ini juga menjadi salah satu penghasil komoditas sagu dengan luas areal tanaman sekitar 52.000 hektare, atau 2,5 persen dari luas tanaman sagu di Indonesia.

Namun, Pandra mengatakan lokasi geografis Kepulauan Meranti juga membuat daerah ini sangat rawan sebagai gerbang aktivitas ilegal seperti penyelundupan barang hingga narkotika. Karena itu, ia menilai peningkatan kapabilitas Polri di daerah pesisir ini sangat krusial untuk memerangi jaringan narkotika internasional.(Antarariau)
    
Editor Ginta Gudia


Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,25 September 2018 - 22:43:39 WIB

    Pelaku Penikaman di Tembilahan Menyerahkan Diri

    Pelaku Penikaman di Tembilahan Menyerahkan Diri GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN – HF Terduga pelaku penikaman korban KR (19 tahun) warga Jalan Gerilya Tembilahan Hulu, hingga akhirnya tewas yang terjadi Minggu lalu di Jalan Gerilya Tembilahan, akhirnya menyer
  • Selasa,25 September 2018 - 21:08:51 WIB

    Residivis di Inhil Kembali Dibekuk Polisi Ditemukan 40 Butir Pecahan Ekstasi

    Residivis di Inhil Kembali Dibekuk Polisi Ditemukan 40 Butir Pecahan Ekstasi GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - ZA (35 tahun) warga jalan Pekan Arba Kel. Pekan Arba Tembilahan, kembali berurusan dengan Sat Res Narkoba Polres Indragiri Hilir, setelah tertangkap karena memiliki 2 paket sabu &ndas
  • Selasa,25 September 2018 - 14:55:16 WIB

    Said Syarifuddin: Jerambah ini Sudah Parah Harus Diperbaiki

    Said Syarifuddin: Jerambah ini Sudah Parah Harus Diperbaiki GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Mengingat sudah layak untuk dilakukan perbaikan, Sekda Kabupaten Inhil Said Syarifuddin didampingi Kadis Perkim Kabupaten, Camat Tembilahan Hulu, Lurah Tembilahan Hulu beserta RT kunj
  • Selasa,25 September 2018 - 14:37:56 WIB

    MTQ XI Tingkat Kecamatan Pulau Burung

    MTQ XI Tingkat Kecamatan Pulau Burung GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Inhil, Drs. H Afrizal MP membuka secara resmi k
  • Senin,24 September 2018 - 03:29:02 WIB

    Pulang Rapat Panitia Kawinan, Ar Terkejut Rumahnya Hangus Terbakar

    Pulang Rapat Panitia Kawinan, Ar Terkejut Rumahnya Hangus Terbakar GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Sontak terkejut dan sedih dialami warga  RT 03 RW 01 Kelurahan Tempuling  Kecamatan Tempuling Kabupaten Inhil, saat meliha
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker