Hukum

Pipa Chevron Meledak Ditabrak Truk, 1 Orang Terluka Bakar

Akibat meledaknya pipa gas PT Chevron Pacific Indonesia di Jalan Lintas Duri-Pekanbaru Provinsi Riau, tepatnya kilometer 100, arus lalu lintas menjadi tersendat.

Gagasanriau.com, PEKANBARU - Pipa gas milik PT Chevron Pacific Indonesia yang berada di Jalan Lintas Duri-Pekanbaru kilometer 100 Desa Tengganau (pada berita sebelumnya disebut Desa Muara Basung, red) Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis, Riau, meledak setelah ditabrak oleh truk yang bermuatan fiber kelapa sawit, Minggu (15/5/2016).

Informasi yang dirangkum dari Kepolisian Sektor (Polsek) Pinggir, truk CPO dengan nomor polisi (nopol) B 9488 GG kehilangan kendali saat pendakian. Sehingga truk pun berjalan mundur dan menabrak pipa gas tersebut.

"Korban jiwa pada kebakaran pipa gas milik Chevron ini tidak ada. Pengemudi truk dan keneknya melarikan diri setelah kejadian tersebut. Saat ini personel (Polsek Pinggir, red) kita, masih melakukan pengamanan untuk mengurai kemacetan dan kemananan di TKP," kata Kapolsek Pinggir Kompol Raden Edi.

Pihak PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) membenarkan terjadinya ledakan pada pipa gas di Bengkalis. Manager Komunikasi PT Chevron Prasasti Asandhimitra mengatakan, ledakan yang terjadi sekitar pukul 05.00 WIB itu menyebabkan seorang warga mengalami luka bakar. Pihak Chevron langsung membawa korban ke fasilitas kesehatan terdekat untuk penanganan lebih lanjut.

"Sejauh ini belum ada informasi mengenai korban jiwa. Korban luka bakar sudah mendapat perawatan," ujar Prasati,seperti dilansir  detikcom, Minggu (15/5/2016).

Tim berhasil memadamkan api sekitar pukul 08.00 WIB. PT Chevron langsung melakukan pengecekan pipa dan melakukan perbaikan."Tim PT CPI memfokuskan pada upaya perbaikan pipa, pembersihan lokasi dan penanganan masyarakat yang terdampak dari kejadian ini," ujarnya.

Prasasti menyebut, sebelum menabrak pipa, truk tronton bermuatan serat kelapa sawit itu menghancurkan pagar pembatas sekaligus pelindung pipa. Truk tidak terkendali hingga menabrak pipa berukuran 12 inchi tersebut.

Akibat meledaknya pipa gas berwarna kuning dengan ukuran 12 inchi milik PT Chevron Pacific Indonesia di Jalan Lintas Duri-Pekanbaru Provinsi Riau, tepatnya kilometer 100, arus lalu lintas menjadi tersendat.

Untuk mengurai antrean panjang kendaraan yang melintasi jalan tersebut, pihak kepolisian dari Polsek Pinggir dan Satlantas Polres Bengkalis memberlakukan buka tutup jalan.****





Editor: Saut BB


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar