Daerah

Lulusan IT Tak Siap Hadapi Dunia Kerja?

[caption id="attachment_3450" align="alignleft" width="300"]Ilustrasi* gagasanriau.com Ilustrasi* gagasanriau.com[/caption]

gagasanriau.com Jakarta-Pakar Teknologi Informasi dari ITB, Budi Rahardjo. menyatakan banyak lulusan program IT tak siap menghadapi dunia kerja.

"Mereka tidak siap karena memang ada kesenjangan materi yang diajarkan di kampus dan apa yang dibutuhkan di industri," kata Budi di Jakarta, Kamis.

Budi menjelaskan banyak dosen yang sebenarnya tidak mengerti kebutuhan industri sehingga tak bisa memberikan materi yang diperlukan dalam dunia kerja.

"Kebanyakan dosen lulus langsung jadi dosen, mereka belum pernah mencoba sendiri bekerja di dunia industri, selain itu soft skill sulit diajarkan di kampus karena keterbatasan waktu," katanya.

Budi menyarankan mahasiswa untuk memanfaatkan program magang di perusahaan-perusahaan selama kuliah sehingga saat lulus mereka memiliki bekal talenta memadai.

"Kerja sama industri dan perguruan tinggi harus ditingkatkan dalam mengadakan program internship agar mahasiswa nantinya punya kesempatan mengenal lapangan sebelum lulus," kata dia.

Pewarta: Ida Nurcahyani

antaranews

 


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar