Daerah

HM Wardan: Penyaluran Rp130 miliar dana DMIJ Bantu Masyarakat Desa

HM Wardan Disambut Oleh Jemaah Masjid Al Mukarramah, Sungai Raya Kecamatan Batang Tuaka,

GagasanRiau.com, Tembilahan - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau HM Wardan hadiri Safari Ramdhan 1437 H di Masjid Al Mukarramah, Sungai Raya Kecamatan Batang Tuaka, Jum'at (25/6/2016).

Selain Bupati, cara tersebut dihadiri Ketua TP PKK Inhil Hj Zulaikha Wardan serta beberapa kepala SKPD lingkung Pemkab Inhil, masyarakat, Camat Batang Tuaka, Pj Kepala Desa Sungai Raya dan tokoh masyarakat Batang Tuaka.

Pada saat kata sambutan, Bupati mengatakan tiga tahun beliau memimpin Inhil setiap tahunnya ada Rp130 miliar dana DMIJ yang disalurkan keseluruh desa se-Inhil. Semoga dana yang disalurkan bisa dimanfaatkan oleh pejabat-pejabat desa dalam melakukan pembangunan di desa-desa masing-masing.

"Dana DMIJ terbukti telah membuat desa-desa kita maju, kita akan terus laksanakan kegiatan ini dan diupayakan untuk lebih besar lagi kedepannya," ucap Wardan, Senin (27/6/2016).

Kegiatan DMIJ untuk memajukan desa sesuai dengan cita-citanya Wardan sejak menjabat Inhil yaitu Spirit Baru Inhil menuju Kabupaten yang lebih maju bermarwah dan bermartabat.

"Dan cita-cita ini dalam pelaksanaannya tentulah tak semudah diucapkan. Tapi dengan tekad dan dukungan seluruh elemen masyarakat tentunya hal ini dapat kita capai," tukasnya.

selain dukungan dari masyarakat Bupati juga meminta agar masyakarat dapat bersabar dan mengerti jika saat ini masih banyak pula yang belum dilaksanakan di Inhil. Khususnya pembangunan jalan, yang kini menjadi prioritas pembangunan Inhil. Dia meminta agar masyarakat memahami tentang tanggung jawab pembangunannya terbagi pula dari Pemerintah Pusat, Provinsi hingga Kabupaten.

Seperti Jalan Lintas Rengat-Tembilahan itu merupakan kewenangan APBN. Jalan Sungai Luar-Sungai Piring dan juga Jalan Keritang-Kemuning yang tanggungjawab Provinsi. Tapi saya sebagai Bupati juga tak akan kenal lelah mendesak Pusat dan Provinsi untuk segera pula membangun ini.

"Alhamdulillah beberapa sudah diluluskan mereka dan contohnya Jalan Sungai Luar-Sungai Piring insyaallah akhir tahun ini akan bagus karena sudah masuk dalam kegiatan pusat yang dianggarkan sekitar Rp 130 miliar," kata Wardan lagi.

Berkat usaha yang tak henti dalam mendesak pusat ke Jakarta, tahun ini akan dibangun pula Jalan Sungai Gergaji-Sanglar-Pulau Kijang yang menelan anggaran Rp60 miliar. Bahkan yang saat ini sudah selesai pelelangan pekerjaannya adalah jalan Simpang Granit menuju Pelabuhan Samudera di Kuala Enok.

Sementara itu, Suhaimi salah satu tokoh masyarakat Desa Sungai Raya mengatakan, seluruh anggaran DMIJ 2015 sudah terlaksana dengan baik di Sungai Luar dan juga desa lainnya se-Batang Tuaka.

"Program DMIJ 2015 sudah berjalan dengan baik. Jembatan dan jalan sudah banyak yang dibangun, untuk itulah saya mewakili masyarakat Sungai Luar ini mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada Bupati yang telah mengusung programnya sehingga desa kami ini maju seperti sekarang," ucap Suhaimi.

Pada program lainnya, lanjut Suhaimi, telah terlaksana pula dengan baik di sana, Seperti Magrib Mengaji, khusus di Sungai Luar ini dan umumnya se-Kecamatan Batang Tuaka telah terlaksana dengan baik," tutupnya.

Humas/Daud M Nur


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar