Dua PAW DPRD Riau Dari PDIP Resmi Dilantik


Dibaca: 1188 kali 
Kamis,09 Juni 2016 - 00:37:43 WIB
Dua PAW DPRD Riau Dari PDIP Resmi Dilantik Pelantikan Antar Waktu (PAW) anggota DPRD Riau dari fraksi PDI Perjuangan yakni EV Tengger Sinaga dan T Rusli Akhmad

GagasanRiau.Com Pekanbaru - Dua Pengganti Antar Waktu (PAW) anggota DPRD Riau darifraksi PDI Perjuangan yakni EV Tengger Sinaga dan T Rusli Akhmad Resmi dilantik melalui rapat paripurna istimewa DPRD Provinsi Riau, Kamis (9/6) yang dipimpin langsung oleh wakil ketua DPRD Riau Manahara Manurung.

Keduannya resmi menjadi anggota DPRD Riau setelah prosesi pengucapan sumpah atau janji anggota DPRD Riau sisa masa jabatan tahun 2014-2019. Pelantikan dua anggota dewan tersebut  menggantikan dua orang anggota DPRD Riau yang sebelumnya maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pipkada) pada tahun 2015 yang lalu, yakni T Rusli Akhmad yang menggantikan Syafrudin Poti dari Dapil Rokan Hulu dan EV Tenger Sinaga menggantikan Zukri Misran dari dapil Kabupaten Siak dan Pelalawan.

Dalam sidang tersebut, Manahara Manurung mengatakan, Pelantikan dua Orang PAW tersebut  menindak lanjuti Surat Keputusan (SK) Kementrian Dalam Negri (Kemendagri) tertanggal 31 Mei 2016 tentang PAW dari fraksi PDI Perjuanagan.

“Sesuai Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri dengan surat keputusan nomer 161.14-4954 tertanggal 31 Mei 2016 tentang peresmian pengangkatan T Rusli Akhmad dan Surat Keputusan Kemendagri nomor 161.14-4953 tentang peresmian pengangkatan EV Tenger Sinaga,” ujar Manahara.

Usai pelantikan, Manahara Manurung  mengatakan, dengan dilantiknya dua orang PAW anggota dewan tersebut, diharapkan bisa semakin memaksimalkan fungsi dan kinerja DPRD kedepannya.

“Dewan ini sebagai lembaga perwakilan rakyat, tentu lembaga ini menjadi tumpuan harapan dan aspirasi segenap rakyat Riau. Oleh karena itu, lembaga legislatif ini harus mampu menunjukkan keberpihakan kepada rakyat dan setiap anggota dewan harus mampu pula menjadi agen pembangunan, melalui tugas pokok dan fungsinya,” harapnya.

Dalam rangka itu pula menurutnya, setiap anggota dewan dituntut bersikap aspiratifdan jujur dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi di lembaga dewan yang terhormat ini. “Sehingga semua itu akan melahirkan produk-produk dewan yang berkualitas dan berpihak kepada rakyat. Tidak saja dilingkungan Daerah Pemilihannya, namun sampai kepada masyarakat lebih luas,” imbuhnya.

“Sesuai nota kesepkatan dari Fraksi PDI Perjuangan, Ev Tengger Sinaga akan di tempatkan sebagai anggota komisi E DPRD Riau dan T Rusli Akhmad sebagai anggota komisi D DPRD Riau,” imbuhnya
 
“Namun jika nanti ada perubahan posisi anggota DPRD di Komisi, maka nanti itu adalah kewenangan di Fraksi,” jelas Manahara.

Ditambahkannya, kehadiran dua anggota PAW tersebut dapat melaksanakan tugasnya dengan lebih baik dan professional, sehingga memperkuat kinerja lembaga legislatif DPRD Riau kedepannya.

Rusli Ahmad ditempatkan di Komisi D DPRD Riau, yang membidangi masalah pembangunan infrastruktur. Sedangkan EV Tenger Sinaga ditempatkan di Komisi E DPRD Riau, yang membidangi masalah sosial, ekonomi, kesehatan, pendidikan, pariwisata, budaya dan lainnya.

Sementara itu,Rusli Ahmad menyatakan komitmennya dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat daerah pemilihannya. Dengan pengalaman sebagai anggota dewan periode sebelumnya, ia pun tidak merasa canggung saat dilantik kembali menjadi anggota dewan. "Saya berharap doa dan dukungan semua untuk bisa mengemban amanah sebagai wakil rakyat. Kerjasama dan bantuan semua pihak, sangat saya harapkan agar kinerja di dewan, bisa maksimal dan sesuai yang diharapkan," harapnya.

Sementara EV Tengger Sinaga berjanji akan menjalankan tugas dan kewajiban sebagai anggota dewan dengan sebaik-baiknya sesuai peraturan dan mekanisme yang berlaku. "Sebagai wakil rakyat saya akan memperjuangkan kepentingan rakyat secara maksimal. Saya akan bekerja sungguh-sungguh menjalankan amanah ini," katanya.

Kemeriahan pelantikan di Ruang Rapat Paripurna DPRD Provinsi Riau juga terasa hingga ke luar bahkan ke Jalan Sudirman. Ucapan selamat dari ratusan papan bunga yang berjejer sepanjang Jalan Sudirman menunjukan kemeriahan pelantikan dua anggota DPRD itu.

Manahara Manurung saat memimpin rapat paripurna istimewa mengatakan, pelaksanaan pengucapan sumpah atau janji anggota DPRD Riau pengganti antar waktu tersebut adalah didasarkan dua surat keputusan yang telah diterima dari Kemendagri ke pihak DPRD Riau.

"Dua surat tersebut yakni SK Kemendagri RI No 161.14-4953 tanggal 31 Mei 2016 tentang pengangkatan PAW DPRD Provinsi Riau atas nama Ev Tengger Sinaga sisa masa jabatan terhitung tanggal pengucapan sumpah. Kemudian SK Kemendagri RI No 161.14-4954 tentang pengangkatan PAW DPRD Riau atas nama Rusli Ahmad," kata Manahara.

Dikatakan Manahara, dengan keluarnya surat tersebut, proses PAW telah berjalan sesuai ketentuan dan perundangan yang berlaku. Atas telah dilantiknya dua PAW anggota DPRD Riau tersebut, Manahara atas nama pimpinan dan segenap anggota DPRD Riau mengucapkan selamat bertugas kepada dua anggota baru tersebut.

"Semoga dapat menyesuaikan diri sebagai anggota dewan dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagai anggota. Kami sambut gembira dan semoga dengan hadirnya dua anggota baru tersebut semakin terjalin kerja sama dalam memajukan Riau," ujarnya.

Terkait posisi kedua anggota DPRD termasuk di komisi. Manahara mengatakan bahwa berdasarkan nota dinas yang disampaikan Fraksi PDIP maka Rusli Ahmad ditempatkan di Komisi D yang membidangi pembangunan dan Ev Tengger Sinaga ditempatkan di Komisi E yang membidangi kesejahteraan rakyat.

"Mari kita semua bekerja sama, lembaga ini harus mampu menunjukkan keberpihakan kepada rakyat, melalui tugas pokok dan fungsinya sebagai fungsi budgeting dan controling. Menghadirkan peraturan daerah yang berpihak kepada masyarakat, tidak hanya di daerah pemilihan saja, tapi juga seluruh masyarakat Riau," harapnya.

Sementara itu, anggota Komisi A DPRD Riau yang juga sebagai ketua umum PDI-P Riau, Kordias Pasaribu mengatakan, pihaknya berharap dengan telah dilantiknya dua orang PAW tersebut akan menambah spirit kekuatan untuk bisa menyuarakan suara rakyat di DPRD Provinsi Riau ini.

"Salah satu PAW yakni Rusli Ahmad kan juga sudah pernah menjabat pada periode sebelumnya. Kemudian Ev Tengger adalah aktivis pendidikan dengan memiliki yayasan, sehingga aktivitas kemasyarakatan yang selama ini sudah dijalankan dapat dimaksimalkan lagi ketika menduduki posisi anggota DPRD Riau," harapnya.

Selain itu, lanjut Kordias, dengan telah bergabungnya dua PAW ke DPRD Riau tersebut adalah suatu kesempatan yang luar biasa terhadap keduanya. Karena jika tanpa ada proses peraturan pilkada yang mengharuskan calon yang maju pilkada harus mundur dari kursi DPRD, maka harus menunggu proses pilkada selanjutnya.

"Dengan posisi mereka sekarang, inikan menjadi anugerah yang besar dari Tuhan. Jadi di posisi sekarang ini, mereka harus manfaatkan janji politik mereka sewaktu kampanye haruslah ditepati melalui DPRD ini, karena ini merupakan kesempatan yang sangat berharga," ujarnya.

Sementara itu, Rusli Ahmad juga mengatakan tidak membuat persiapan khusus dalam pelantikan dirinya. Namun setelah ia dilantik nanti, ia mengatakan bahwa akan langsung bekerja untuk kepentingan Riau khususnya Kabupaten Rokan Hulu yang menjadi daerah pemilihannya.

"Saya akan langsung bekerja untuk masyarakat, bersama dengan rekan-rekan lainnya akan berupaya melobi pusat agar Riau dapat mendapat jatah lebih banyak dana bantuan dari pusat. Perbaikan Infrastruktur didaerah serta memperjuangkan kebutuhan masyarakat lainnya," jelasnya.

Selain dua PAW yang baru dilantik, pada pilkada serentak 2015 lalu. Secara keseluruhan ada enam anggota DPRD Riau yang maju dalam Pilkada yakni Suparman dan H Syafaruddin Poti dari daerah pemilihan Rokan Hulu yang merupakan kader Partai Golkar dan PDIP. Kemudian Indra Putra dan Mursini Dapil Inhu-Kuansing dari Partai Golkar dan PPP.

Dua nama lain yakni Zukri Misran dari PDIP daerah pemilihan Siak-Pelalawan dan Eko Suharjo SE dari Partai Demokrat daerah pemilihan Bengkalis-Dumai dan Kepulauan Meranti. Sesuai aturan mereka digantikan pemilik suara terbanyak di bawahnya. (advertorial)



Reporter Sutan Rang Kayo


Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KABAR TERKINI
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker