Tanpa Pamrih, Bripka Suryawan Fadlin Berantas Buta Aksara di Inhil


Dibaca: 1038 kali 
Sabtu,30 Juli 2016 - 22:21:00 WIB
Tanpa Pamrih, Bripka Suryawan Fadlin Berantas Buta Aksara di Inhil Bripka Suryawan Fadlin

GagasanRiau.com, Tembilahan - Seorang Polisi Subsektor Pos Polisi Kecamatan Gaung, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Bripka Suryawan Fadlin SE, yang bertugas sebagai Bintara Pembinanaan dan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) Desa Simpang Gaung menuai pujian dari masyarakat desa tempatan.

Polisi ini mempunyai hati yang sangat mulia dimata masyarakat setempat. Betapa tidak, Bripka Suryawan Fadlin menjalankan misinya dalam memberantas buta aksara alias buta huruf. Aksinya bukan hanya memberantas buta aksara, ternyata beliau juga menyalurkan Ilmu Teknologi (IT) dengan mengajarkan perangkat lunak dan perangkat keras sistem operasi komputer.

"Murid polisi ini dari anak-anak sampai dengan orang tua. Namun jangan sangka tempat dan sarana belajar mereka seperti tempat belajar kebanyakan yang resmi. Tak ada meja dan kursi. Mereka belajar secara lesehan, duduk di lantai. Dan tak ada papan tulis atau white board yang menempel di dinding. Kita sangat bangga dengan bapak Bripka Suryawan Fadlin, semoga aksi mulia ini terus berjalan sehingga pemberantasan buta aksara ini tuntas," ucap Muhammad Daud sebagai warga Kecamatan Gaung, Sabtu, (30/7/2016).

Pujian tersebut bukan tidak berdasar, sebap, menurut pengamatan Suryawan Fadlin 15 persen masyarakat setempat masih buta aksara. Dan kepedulian beliau berangkat dari hati nurani dengan menyisihkan waktunya berbaur bersama masyarakat setempat.

Sementara itu, Suryawan Fadli saat dikonfirmasi oleh GagasanRiau.com mengatakan, "Aku sadar bahwa aku adalah seorang Polisi dan aku bukan Guru, tapi itu hanyalah Profesi. Aku melakukan karna aku anak 'Bangsa Indonesia' yang tidak mau hanya diam melihat generasiku keterbelakangan. Aku bisa dan harus bisa," katanya via pesan singkat, Sabtu (30/7/2016).

Untuk diketahui, jumlah murid 120 siswa dan terus bertambah. Karena tidak efektif, belajar mengajar dipecah menjadi perdusun. Berikut dusun-dusun tempat Iwan mengajar, Dusun Harapan Jaya, Dusun Mutiara, Dusun Simpang Luar, Dusun Pasar Baru, Dusun Pisang. Umur siswa yang ikut belajar, dari anak SD sampai dengan orang tua.

Berikut profil Bripka Suryawan Fadlin SE, lahir di Kuala Enok 9 Februari 1980, beliau lulusan ke Polisian tahun 2000.

Tahun 2001 Gadik di SPN Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, 2002 Ajudan Kapolres Inhil, 2009 menjabat Kanit Reskrim Polsek Enok, 2014 menjabat kanit Buser Polres Inhil, dan saat ini Subsektor Pos Polisi Babinkamtibmas Desa Simpang Gaung, Kecamatan Gaung, Kabupaten Inhil.

Reporter: Daud M Nur


Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KABAR TERKINI
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: redaksi@gagasanriau.com
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker