Kesehatan

Antisipasi Virus MERS, Menkes Minta Jamaah Haji Jauhi Unta

Menkes

GagasanRiau.Com Jakarta - Penyakit (Middle East Respiratory Syndrome) MERS ialah penyakit saluran pernapasan yang dapat menular dari adanya penyebaran virus. Salah satunya berasal dari binatang unta.

Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengatakan pihak Kemenkes sudah bertemu dengan Menteri Kesehatan Arab Saudi untuk membahas hal ini.

"Kami persiapkan jamaah haji ini. Kita sudah persiapkan ke Arab Saudi dan bertemu menkes Arab Saudi 2 kali. Beliau mengatakan akan perhatikan sekali. Bahwa MERS itu harus diantisipasi," kata Nila di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur, Selasa (9/8/2016).

Nila juga mengimbau kepada para jamaah untuk tidak berinteraksi langsung dengan binatang tersebut.

"Pertama jamaah haji kita minta jaga kebersihan. Kita minta jamaah haji untuk tidak mendekati binatang tersebut," imbaunya.

"Penularan dapat terjadi dari air liur. Dan kami minta tidak minum susunya," imbuhnya.

Nila menambahkan bahwa tim kesehatan sudah dipersiapkan di Arab Saudi. Kerja sama dengan rumah sakit setempat pun sudah dilakukan. Termasuk menambah ambulans untuk mengangkut jamaah yang turun daya tahan tubuhnya.

"Kita siapkan tenaga kesehatan. Tapi kalau sudah berat, kami kerjasama dengan RS Arab Saudi. Di Padang Arafah kita tidak masuk buat klinik di Arafah. Kita tingkatkan kerjasama dengan menambah ambulans," kata Nila.**/detik.com


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar