Daerah

Pemkab Inhil Lestarikan Permainan Rakyat Sebelum 'Generasi Gadget'

GagasanRiau.com, Tembilahan - Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) yang ke 71, Pemerintah Kabupaten Indragiri hilir (Inhil) menggelar perlombaan gasing yang merupakan permainan rakyat sebelum hadirnya 'Generasi Gadget'.

Perlombaan gasing tersebut dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati dalam rangka melestarikan dan mengingatkan kepada anak-anak bahwa ada permainan yang lebih dulu digemari sebelum lahirnya gadget atau smartphone.

RM Sudinoto, Selaku koordinator permainan rakyat Bidang perlombaan gasing dalam sambutannya ketika membuka perlombaan tersebut mengungkapkan bahwa perlombaan Gasing ini di Ikuti oleh 23 kelompok yang  mana Satu  kelompoknya terdiri dari 3 orang.

Sementara itu Kuswari Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura Peternakan (DTPHP) Inhil  yang juga merupakan koordinator permainan Rakyat dalam rangka perayaan HUT RI yang ke 71 Pemkab Inhil ketika diwawancarai reporter SpiritRiau.com menyampaiakan bahwa Ini merupakan upaya untuk melestarikan permainan rakyat.

"Ini merupakan upaya dalam rangka melestarikan permainan gasing, dan juga lebih mengenalkan permainan rakyat ini kepada para anak-anak kita yang mana (permainan gasing ; red) tidak seperti permainan yang ada di Gadged ataupun smartpone yang lebih diminati anak-anak saat ini," ungkapnya

Terakhir kuswari juga berharap kepada para peserta perlombaan permainan gasing ini agar tetap menjaga sportivitas. "Karena walaupun ini permainan yang sederhana tetapi memiliki resiko  kalau tidak hati-hati," tandasnya

Reporter: Daud M Nur


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar