Inilah Potret Menyedihkan SD Jauh Kampung Sidodadi Desa Bukit Kerikil Kabupaten Bengkalis


Dibaca: 2550 kali 
Minggu,21 Agustus 2016 - 20:51:49 WIB
Inilah Potret Menyedihkan SD Jauh Kampung Sidodadi Desa Bukit Kerikil Kabupaten Bengkalis

GagasanRiau.Com Bengkalis - Rencana Strategis Kemendiknas Tahun 2009-2014. Pada Bab I dinyatakan bahwa atas dasar pertimbangan berbagai amanah undang-undang, diantaranya dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 11 Ayat (1) dinyatakan bahwa: “Pemerintah dan pemerintah daerah wajib memberikan layanan dan kemudahan, serta menjamin terselenggaranya pendidikan yang bermutu bagi setiap warga negara tanpa diskriminasi”.

Ketentuan tersebut kemudian dipertegas dalam Pasal 34 Ayat (2) yang menyatakan bahwa: “Pemerintah dan pemerintah daerah menjamin terselenggaranya wajib belajar minimal pada jenjang pendidikan dasar tanpa memungut biaya”.

Selanjutnya, Pasal 34 Ayat (3) menyebutkan bahwa: ”Wajib belajar merupakan tanggung jawab negara yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan pemerintah, pemerintah daerah dan masyarakat”. Oleh karena itu, paradigma wajib belajar pendidikan dasar sembilan tahun digeser menjadi hak belajar pendidikan dasar sembilan tahun yang menjamin kepastian bagi semua warga negara untuk memperoleh pendidikan minimal sampai lulus SMP. Dengan pergeseran paradigma tersebut, pemerintah wajib menyediakan sarana prasarana dan pendanaan demi terselenggaranya pendidikan bagi seluruh warga negara.

Hal ini tidak berlaku disebuah sekolah di kampung Sidodadi Desa Bukit Kerikil Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis yaitu Sekolah Dasar (SD) Jauh Negeri 026. Generasi muda anak anak sekolah ini harus membayar uang sekolah Rp 50.000 per murid sekedar  memenuhi biaya bensin seorang ibu guru honorer bernama Elra Satiwi ( Tiwi)  yang sudah menginjak 3 tahun mengajar di sekolah jauh ini.


Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker