Pemrov Riau Sudah Menjalankan Sistem Pemerintahan Berbasi Elektronik


Dibaca: 1076 kali 
Kamis,25 Agustus 2016 - 10:11:13 WIB
Pemrov Riau Sudah Menjalankan Sistem Pemerintahan Berbasi Elektronik

GagasanRiau.Com Pekanbaru - Pemerintah Provinsi Riau sudah menjalankan sistem pemerintahan berbasiskan elektronik, bahkan sudah mulai sejak perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang ada agar bisa diakses masyarakat.

Sistem yang disebut E-Planning untuk perencanaan sudah dilaksanakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah. Sedangkan sistem E-Government dipusatkan di Dinas Komunikasi dan Informasi Riau.

"Yang kita untuk E-Planning sudah jalan," kata Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman.

Pelaksanaan proses transformasi menuju E-Government harus segera dilakukan. Karena melalui proses transformasi tersebut, pemerintah dapat mendayagunakan pemanfaatan kemajuan teknologi informasi untuk menghilangkan sekat sekat organisasi birokrasi serta membentuk jaringan sistem manajemen.

Masyarakat mengharapkan layanan publik yang terintegrasi tidak tersekat sekat oleh batasan organisasi dan kewenangan birokrasi. Dunia usaha memerlukan informasi dan dukungan interaktif dari pemerintah untuk dapat menjawab perubahan pasar dan tantangan persaingan global secara cepat.

Kelancaran arus informasi untuk menunjang hubungan antar unit kerja pemerintah provinsi Riau serta untuk mendorong partisipasi masyarakat merupakan faktor penting dalam pembentukan kebijakan negara yang baik. Oleh karena itu, pelayanan publik harus transparan, terpercaya, serta terjangkau oleh masyarakat luas melalui jaringan komunikasi dan informasi.

"Hal tersebut sesuai dengan instruksi Presiden RI, Joko Widodo agar mengedepankan transparansi pelayanan publik," ujarnya.
 

Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman

Pembentukan jaringan informasi dan transaksi pelayanan publik yang memiliki kualitas dan lingkup yang dapat memuaskan masyarakat luas serta dapat terjangkau di seluruh wilayah Provinsi Riau di setiap saat tanpa dibatasi oleh sekat waktu dan dengan biaya yang terjangkau oleh masyarakat.
 
Kemudian Pembentukan hubungan interaktif dengan dunia usaha untuk meningkatkan perkembangan perekonomian nasional dan memperkuat kemampuan menghadapi perubahan dan persaingan perdagangan internasional.
 
Pembentukan mekanisme dan saluran komunikasi antar lembaga serta penyediaan fasilitas dialog publik bagi masyarakat agar dapat berpartisipasi dalam perumusan kebijakan di Provinsi Riau.
 
Reformasi birokrasi, lanjut dia, dilatarbelakangi tuntutan terhadap terbentuknya sistem ke pemerintahan yang bersih, transparan, dan mampu menjawab tuntutan perubahan secara lebih efektif, melahirkan inspirasi penyediaan data informasi dan media komunikasi yang transparan melalui E-Government.

Dia menambahkan, sistem pelayanan masyarakat beralih basis IT akan terintegrasi dengan Dinas Komunikasi dan Informasi atau Diskominfo Provinsi Riau dan terkoneksi pada setiap SKPD. Langkah ini diharapkan akan menjadi upaya untuk memberikan penyadaran kepada masyarakat tentang pentingnya teknologi.

Salah satu bentuk kemudahan yang diberikan lewat sistem ini, pengurusan izin dan administrasi di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau akan diberlakukan dengan sistem online. Andi Rachman menyebutkan dengan diberlakukannya sistem ini akan lebih memberikan kemudahan pelayanan.

"Jadi ada banyak sistem nanti yang akan diterapkan melalui IT, misalnya mengurus surat, sudah paperless dengan sistem e-office. Dewan juga bisa melakukan fungsi pengawasan mereka dengan memanfaatkan sistem IT ini," ujarnya.

Mengenai kesiapan sumber daya manusia, gubernur menyebut untuk sementara ini, kesiapan itu sudah tersedia di masing-masing SKPD yang ada di lingkungan Pemprov Riau. Dengan kata lain, kebutuhan pemerintah akan lebih dominan terhadap kinerja yang mempunyai kemampuan IT. Kebijakan seperti ini bahkan sudah diterapkan di beberapa kabupaten dan kota di Riau.**/Adv/humas


Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,24 November 2017 - 18:34:20 WIB

    Sebanyak 30 Organisasi Lingkungan Serukan Stop Beli Produk Group APRIL

    Sebanyak 30 Organisasi Lingkungan Serukan Stop Beli Produk Group APRIL GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Asia Pacific Resources International Holding\'s Ltd. (APRIL) grup, sebuah perusahaan bubur kertas milik Sukanto Tanoto taipan terkaya nomor 10 se Indonesia kembali mendapat kritikan dari masya
  • Rabu,08 November 2017 - 14:30:44 WIB

    Personel TNI AU Lanud Rsn Donorkan Darahnya

    Personel TNI AU Lanud Rsn Donorkan Darahnya GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Sebagai wujud kepedulian terhadap sesama, personel Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin dan Batalion Komando Pasukan Khas (Yonko 462) mengikuti kegiatan donor darah yang dilaksanakan oleh Gramed
  • Jumat,03 November 2017 - 18:19:13 WIB

    Rakerda MUI, Gubri Ajak MUI Bersatu Kembangkan Ekonomi Syariah

    Rakerda MUI, Gubri Ajak MUI Bersatu Kembangkan Ekonomi Syariah GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Riau mengelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) III di Balai Serindit Gedung Daerah Provinsi Riau, Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Jumat (3/11). Dihadiri dan dibuka langsung Gu
  • Rabu,27 September 2017 - 07:07:09 WIB

    Pemprov Riau Terapkan SPIP Cegah Korupsi

    Pemprov Riau Terapkan SPIP Cegah Korupsi GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Untuk menerapkan Provinsi (Pemprov) Riau menjalankan pemerintahan yang bersih, Gubernur Arsyadjuliandi Rachman membuat kesepakatan bersama (Mou) dengan Forum Pimpinan Da
  • Jumat,22 September 2017 - 15:27:26 WIB

    Tahun Baru Islam 1439, Gubri Ajak Jaga Hubungan Harmonis

    Tahun Baru Islam 1439, Gubri Ajak Jaga Hubungan Harmonis GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Arsyadjuliandi Rahman Gubernur Riau (Gubri) mengajak seluruh kalangan untuk selalu menjaga hubungan yang harmonis sesama umat. Hal ini sampaikan saat menghadiri tabligh akbar menyam
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker