Nasional

Dilantik Tadi Pagi, Komjen Syafruddin Gantikan Budi Gunawan Sebagai Wakapolri

Pelantikan Wakapolri

GagasanRiau.Com Jakarta - Komjen Syafruddin resmi dilantik sebagai Wakil Kapolri menggantikan Jenderal Budi Gunawan (BG). Syafruddin mendapat promosi setelah BG menjabat sebagai Kepala BIN.

Pelantikan Syafruddin dilakukan di Gedung Rupatama, Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran, Jakarta Selatan, Sabtu (10/9/2016). Pengamanan jelang pelantikan terlihat cukup ketat di sekitaran Mabes Polri, baik dari jalan hingga di dalam kompleks Korps Bhayangkara itu.

Prosesi acara dimulai saat Kapolri Jenderal Tito Karnavian masuk ke dalam ruangan. Setelah pembacaan doa, pembawa acara membacakan SK pergantian Jenderal BG dari Wakapolri sebagai Kepala BIN dan pergantian Komjen Syafruddin dari Kalemdikpol sebagai Wakapolri.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyematan tanda jabatan dan pembacaan sumpah jabatan. Jenderal Tito membacakan sumpah itu dan diulangi oleh Komjen Syafruddin.

"Apabila saudara melanggar sumpah ini maka akan dikonsekuensi pribadi maupun akhirat? Bersediakah saudara?" kata Tito.

"Bersedia," jawab Syafruddin.

Setelah membacakan sumpah, Komjen Syafruddin lalu menandatangani berita acara pelantikan. Lalu pemberian ucapan selamat dari Kapolri.

"Pemilihan Bapak Syafruddin sebagai Wakapolri dinilai dari beberapa aspek. Kompetensi dan pengalaman. Beliau bekerja dari operasional, komando, staf lama di pendidikan," ujar Tito.

Terlihat Jenderal Budi Gunawan berada di barisan depan di antara pejabat-pejabat Polri. Tito sekaligus mengucapkan selamat kepada perwira tinggi bintang empat itu.

"Kita dukung Bapak Jenderal Polisi Budi Gunawan sebagai Kepala BIN dan kepada Wakapolri yang baru. Semoga semua dapat berjalan lancar untuk kepentingan Polri," tutur dia.

Tampak di antara pejabat Polri yang hadir seperti Kabareskrim Komjen Aridono, Kadiv Propam Irjen Iriawan, Kapolda Metro Jaya Irjen Moechgiyarto, Kapolda Sulsel Irjen Anton, Kapolda Sulut Irjen Wilmar Marpaung. Kemudian juga Kabaharkam Komjen Putut Eko Bayuseno dan para Pati Mabes Polri.

Sementara itu di jajaran tamu tampak Anggota DPR Fraksi PDIP Maruarar Sirait dan sejumlah komisioner Kompolnas. Usai pelantikan, para undangan memberikan selamat kepada Komjen Syarfuddin.**/detik.com


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar