Lingkungan

Pakai Topreng Orang Hutan, U-Friend Gelar Aksi Damai di Bundaran Zapin Pekanbaru

GagasanRiau.Com Pekanbaru -  Organisasi pencinta satwa, U-Friend, menggelar aksi di Bundaran Tugu Zapin, Jalan Sudirman Pekanbaru, Rabu (14/9), memakai topeng orang hutan.

Terdiri dari 11 orang massa, mereka menyerukan agar pemerintah memperketat pengawasan senapan angin, karena kian maraknya kasus penembakan terhadap Orang Hutan, salah satu satwa yang dilindungi.

Menurut Ana Neferia Zuhri, koordinator Centre for Orang Hutan Protection (COP), saat ini orang hutan sudah mengalami kondisi kritis, cacat permanen hingga kematian, karena masyarakat memburu dengan menembak induknya untuk mendapatkan anaknya untuk diperdagangkan.

"Lakukan razia dan penegakkan hukum, karena banyak kasus penyalahgunaan senjata untuk berburu," kata Ana. Mereka juga meminta Kapolri mengambil langkah tegas dalam penindakan penyalahgunaan senapan angin.

"Sesuai peraturannya, senapan angin hanya digunakan untuk olahraga menembak sasaran di lokasi pertandingan dan latihan, bukan untuk berburu," lanjut Ana.

Aksi serupa hari ini juga digelar serentak di 10 kota, antara lain Aceh, Palembang, Pekanbaru, Bandung, Yogyakarta, Solo, Malang, Surabaya, Samarinda dan Palangkaraya.

Massa juga membawa berbagai foto-foto terkait perlakuan kurang etis terhadap satwa ini. **

Editor: Arif Wahyudi  


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar