Daerah

Disdik Pekanbaru Harus Punya Data Akurat Jika Kota Madani Ini Kekurangan Guru

GagasanRiau.Com Pekanbaru - Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru disarankan harus memiliki data yang akurat serta sebaran berdasarkan kebutuhan guru di Kota Bertuah ini. Demikian disampaikan oleh anggota Komisi III DPRD Kota Pekanbaru, Marlis Kasim.

Hal ini menuyusul adanya pernyataan disampaikan oleh Disdik bahwa saat ini Kota Pekanbaru kekurangan guru dikarenakan banyaknya guru yang masuk pensiun pada tahun 2017 mendatang.

"Pemetaan dan kebutuhan guru di setiap sekolah harus jelas. Kalau memang guru dibutuhkan dari tingkat SD dan SMP, Pemko Pekanbaru perlu mengusulkan ke Pemerintah Pusat untuk tenaga guru komite menjadi Guru Tidak Tetap (GTT)," kata Marlis, kepada wartawan, saat dikonfirmasi, Minggu, (9/10/16).

Menurutnya, anggaran pendidikan di Kota Pekanbaru saat ini tidak tepat sasaran. Sesuai dengan Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, pemerintah daerah wajib memberikan layanan dan kemudahan serta menjamin terselenggaranya mutu pendidikan.

Hal itu, dikuatkan dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) nomor: 013/PUU-VI/2008. Dimana, pemerintah harus menyediakan anggaran pendidikan sekurang-kurangnya 20 persen dari APBN dan APBD untuk memenuhi kebutuhan penyelenggaraan pendidikan.

"Anggaran pendidikan sudah jelas harus diatas 20 persen. Mengapa tidak diprioritaskan sesuai dengan visi misi dari Wali Kota Pekanbaru, melakukan kesejahteraan di bidang pendidikan. Harusnya itu wajib dilaksanakan," terangnya.

Dikatakannya, persoalan yang ada saat ini, status guru komite masih simpang siur dan tidak jelas. Sementara, Kota Pekanbaru, kekurangan guru. Mestinya, Disdik melakukan jemput bola dan mengusulkan melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia (KemenPAN-RB) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, untuk mencabut moratorium CPNS

"Sepanjang itu butuh tidak ada salahnya diusulkan ke pemerintah pusat. Persoalan anggaran, saya rasa APBD kita ada, kita hitung nanti, kan bisa dengan mengurangi kebutuhan yang lain. Bagaimanapun pendidikan harus diutamakan," pungkasnya.

Sebagaimana diberitakan, Disdik Pekanbaru menyebutkan bahwa Kota Pekanbaru saat ini kekurangan guru. Hal itu disebabkan banyaknya guru yang tengah masuk pensiun di tahun 2017.

Kekurangan itu, mayoritas berasal dari guru SD, agama dan olahraga. Persoalannya karena saat ini tidak ada guru diangkat menjadi PNS hal itu dikarenakan alokasi anggaran di pemerintah dan sekolah tidak memadai. Berdasarkan data yang ada, saat ini jumlah GTT sebanyak 210 orang, guru bantu 507 orang dan guru komite sebanyak 1.300 orang.

Editor Arif Wahyudi


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar