DPRD Pekanbaru Pinta SKPD Terkait Tanggap Soal Maraknya Peredaran Styro Foam


Dibaca: 657 kali 
Selasa,08 November 2016 - 14:04:12 WIB
DPRD Pekanbaru Pinta SKPD Terkait Tanggap Soal Maraknya Peredaran Styro Foam

GagasanRiau.Com Pekanbaru - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pekanbaru menyoroti maraknya penggunaan styro foam (Kotak Pembungkus Dari Busa. Red). Pasalnya pembungkus makanan ini berbahaya karena terbuat dari polisterin dan gas. Bahkan, produk pembungkus ini beredar di industri Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) dan restoran cepat saji.

Anggota Komisi II DPRD Kota Pekanbaru, Roem Diani Dewi SE MM mengatakan, styrofoam adalah bahan pembungkus makanan nomor 5 berbahaya di dunia dan mengganggu kesehatan bila penggunaannya dilakukan secara terus menerus.

"Dia (styrofoam,red) tidak bisa diurai oleh lingkungan dan berbahaya bagi kesehatan manusia. Bila pembungkus ini terurai ke makanan hangat ini sangat membahayakan kesehatan," kata Roem, kepada wartawan, saat dikonfirmasi, Senin, (7/11/16).

Bahaya kesehatan yang ditimbulkan akibat penggunaan styrofoam ini kata politisi PKS tersebut, penyakit kanker kelenjer streoid, mengganggu kelenjer saraf, mempercepat detak jantung, anemia. Bahkan, ibu hamil bisa mengalami keguguran.

"Makanya Pemko Pekanbaru melalui SKPD terkait harus mengeluarkan imbauan surat edaran terkait bahaya penggunaan styrofoam ini ke masyarakat," jelasnya.

Mengacu kepada Peraturan Pemerintah (PP) nomor 28 tahun 2004 tentang keamanan, mutu dan gizi pangan, konsumen harusnya mendapatkan perlindungan. Regulasi yang tegas oleh Pemko Pekanbaru soal edaran ini harus benar-benar dilakukan agar pelarangan penggunaan styrofoam diganti dengan pembungkus alternatif lain misalnya dari bambu atau dari kertas yang ramah lingkungan serta tidak berbahaya.

"Dibutuhkan regulasi yang tegas agar makanan yang dikemas dalam kotak terjamin mutu dan kesehatannya benar-benar terjamin. Disosialisasikan secara efektif oleh SKPD terkait. Dan jangan hanya melarang saja tapi sebaiknya kebijakan pelarangan dicarikan solusi dan alternatif pembungkus lain yang ramah lingkungan," terangnya.

Editor Arif Wahyudi


Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker