Bupati HM Wardan Buka Secara Resmi Buka Bimtek Akselarasi Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah


Dibaca: 665 kali 
Selasa,00 0000 - 20:07:47 WIB
Bupati HM Wardan Buka Secara Resmi Buka Bimtek Akselarasi Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah

GagasanRiau.Com Tembilahan - Bertempat di Hotel IP, Rabu (30/11/2016) Bupati HM Wardan melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Said Syarifuddin membuka acara  Akselerasi Usaha Kssehatan Sekolah/Madrasah Provinsi Riau di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil).

Kegiatan tersebut langsung dihadiri Ketua Harian Pembina UKS Provinsi Riau Nunung Kamala Sari, Sekretaris Kesehatan, Dinas Pendidikan, Ketua PMI Inhil Hj.Zulaikha Wardan, Kabag Kesra Inhil.

Tujuan dari kegiatan tersebut, seperti dijelaskan oleh Kepala Biro Kesra Provinsi Riau yang diwakili Kabag Pemberdayaan Perempuan dan KB Alizar memaparkan, kegiatan ini adalah untuk percepatan pelaksanaan Unit Kesehatan Sekolah/Madrasah di setiap sekolah dan madrasah dalam meningkatkan pemahaman hidup sehat peserta didik, agar dapat belajar, tumbuh dan berkembang secara harmonis dan wajar, menjadi sumber daya manusia yang berkualitas. Serta mewujudkan Tri Program (Trias UKS/M) antara lain, pendidikan, kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan kesehatan.

Ruang lingkup pelaksanaan kegiatan ini adalah, melakukan akselerasi khususnya untuk 3 kabupaten yaitu, Kepulauan Meranti, Siak dan Kab.inhil, kegiatan ini merupakan senergi dan tim pembina UKS/M Propinsi Riau yang terdiri dari Kantor Wilayah Kementerian Agama & Dinas Kesehatan yang berkewajiban untuk mengamankan kebijakan teknis, Pembinaan,pelaksanaan UKS/M di Kabupaten/kota untuk mensinergikan kebijakan pusat dan Daerah.

"Kita sebagai biro kesra mempasilitasi sebagai tugas kami yaitu mengumpulkan, mengkoordinasikan  menetoring, mengevaluasi dimana kami menjalankan SKB 4 Menteri yaitu Menteri Kaehatan, Menteri Pendidikan & Kebudayaan, Menteri dalam Negeri & Kementerian Agama dan supaya sepaham," ucap Kepala Biro Kesra Provinsi Riau yang diwakili Kabag Pemberdayaan Perempuan dan KB Alizar dihadapan peserta sebanyak 120 Orang yang terdiri dari, Kepala sekolah, guru, serta bagian kesra kabupaten inhil.

Alizar juga berharap dengan diselenggaranya kegiatan tersebut, peserta bergerak cepat dan tepat sehingga sangat solid diantara 4 dari kementerian tadi mewakili tembilahan yaitu Dinas Pendidikan, dinas kesehatan, Bagian Kesra & Kementerian agama dharapkan untuk bersatu stekholder tersebut mengkoordinirkan kerja UKS ini dengan baik.

"UKS ini sebenarnya sudah ada di tahun 1956 tetapi yang ada di Provinsi Riau itu di tahun 2013, kami dari Biro Kesra Sekretariat Provinsi Riau itu menganggarkan untuk mengadakan akselarasi UKS di seluruh kabupaten/kota se-Riau sampai di tahun 2018 Nanti, jadi sejak 2013 itu sudah 3 kabupaten kita laksanakan yaitu di Inhu, Bengkalis dan Rohil. Di tahun 2016 ini kita adakan di Kabupaten Kepulauan Meranti, Siak dan Inhil muara dari UKS tersebut atau intinya kita akan ikut serta dalam lomba pola sehat tingkat nasional dan setiap tahun diadakan' papar Alizar.

"Kami berharap tahun selajutnya atau tahun kedepannya di inhil kami jadikan pilot projek atau percontohan dan kami berharap di tahun selanjutnya Kabupaten Inhil ada perwakilannya untuk ikut di lomba sekolah sehat tingkat nasional 2017 karena 2016 udah dilaksankan perlombaannya, penilaianya dan udah ditentukan," paparnya lagi.

Sementara itu, Bupati HM Wardan melalui Sekda Said Syarifuddin mengatakan, sangat menyambut baik program-program sari provinsi riau yang sangat bermanfaat bagi sekolah-sekolah se-Inhil.

"Kita menyambut baik program-program seperti ini dari propinsi, kami pikir ini sangat bermanfaat bagi sekolah-sekolah di inhil. Kita lihat hari ini 120 peserta sebagai tindak lanjut keputusan 4 menteri seperti Menteri Dalam Negeri, Menteri pendidikan & Kebudayaan, Menteri Kesehatan dan Menteri Agama," ucapnya.

Jadi begitu, lanjut Said, UKS sangat penting di sekolah sehingga sampai ada aturan keputusan Bersama dari 4 Menteri. Kita berharap semoga ada tindak lanjutnya setelah Akselerasi Usaha Kesehatan ini dan program-program lain yang bisa mengangkat kegiatan sekolah dan prioritas bagi pengembangan sumberdaya manusia di sekolah," harapnya

Terakhir, Ketua PMI Inhil Hajjah Zulaikha Wardan mengungkapkan bahwa dirinya pernah diamanatkan dan ditugaskan menjadi biro kesra tahun 2013. Maka dari itu, Zulaikha menilai UKS sangat baik dan bagus diterapkan disekolah-sekolah.

"Saya dulunya pernah tugas di biro Kesra tahun 2013, saya merasa bangga, gembira sangat meyambut baik dalam kegiatan ini dan sangat  bermanfaat bagi Inhil. Kerna Inhil ditunjuk jadi polot Project Akselerasi UKS/M Se-Riau. Kita mengharapkan UKS yang ada di Inhil berharap lebih maju di kabupaten-kabupaten lain," ujarnya.

"UKS manfaat luar biasa dan giat kembali, ini harus dilaksanakan di tingkat kecamatan,Kabupaten,Propinsi dan nasional  ini betul-betul kita mengharapkan kerjasama terutama sekali SKPD terkait dibawah naungan Kementerian SKB tersebut," sebutnya lagi.

Humas


Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,26 September 2017 - 10:18:07 WIB

    Badko HMI Riau Kepri Kunjungi Danrem 031 Riau

    Badko HMI Riau Kepri Kunjungi Danrem 031 Riau GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Dalam rangka realisasi program kerja, Badan Kordinasi (Badko) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Riau-Kepulauan Riau melakukan kunjungan ke Komando Resort Militer (Korem) 031/Wirabima Riau Senin, 25 S
  • Senin,25 September 2017 - 21:25:52 WIB

    Aditya: P-BNN Inhil Rapatkan Barisan Restrukturisasi Organisasi

    Aditya: P-BNN Inhil Rapatkan Barisan Restrukturisasi Organisasi GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Pemuda Bersama Ninggalin Narkoba (P-BNN) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) dalam waktu dekat ini akan segera melangsungkan Rapat Koordinasi (Rakor) bersama, dalam ran
  • Senin,25 September 2017 - 15:35:52 WIB

    Abaikan Tenaga Kerja Lokal, Masyarakat Sei Duku Demo PT BTA

    Abaikan Tenaga Kerja Lokal, Masyarakat Sei Duku Demo PT BTA GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Masyarakat Kelurahan Tanjung Rhu Kecamatan Limapuluh persisnya di Pelabuhan Sei Duku Pekanbaru mendatangi PT PT Bandar Teguh Abadi (BTA) karena mengabaikan tenaga kerja
  • Senin,25 September 2017 - 14:27:24 WIB

    Tim Harat Tangkap Sepasang Sejoli di Kamar Hotel Tembilahan

    Tim Harat Tangkap Sepasang Sejoli di Kamar Hotel Tembilahan GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Tim Harat bersama Unit Opsnal Sat Res Narkoba Polres Inhil tangkap sepasang sejoli, diduga menjadi pelaku tindak pidana narkotika. 
  • Senin,25 September 2017 - 14:01:55 WIB

    Lagi, Tim Harat Bekuk Pencuri Motor di Tembilahan

    Lagi, Tim Harat Bekuk Pencuri Motor di Tembilahan GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Tim Harat Unit Opsnal Sat Reskrim Polres Indragiri Hilir, kembali menangkap seorang tersangka, yang diduga menjadi pelaku tindak pidana pencurian sepeda motor di Temb
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: redaksi@gagasanriau.com
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker