Daerah

Banyak Dipesan Petani dari Luar, Bupati Bangga Inhil Miliki Bibit Kelapa Unggul Sri Gemilang

GagasanRiau.Com Tembilahan - Kabupaten Indragiri Hilir memiliki kebanggaan tersendiri dalam hal komoditi pertanian. Pasalnya Negeri dengan hamparan kelapa ini memiliki bibit kelapa unggulan dan banyak dipesan para petani di luar daerah.

Bupati Inhil H Muhammad Wardan menyebutkan, bibit kelapa unggul ini hanya ada di Kabupaten Inhil dan tidak ada di daerah lainnya.

"Kita memiliki bibit kelapa unggul dan sudah terkenal di daerah di luar Inhil. Bibit unggul ini sudah dipatenkan dengan nama bibit kelapa Sri Gemilang," ungkap Wardan, akhir pekan lalu.

Bibit kelapa Sri Gemilang ini memiliki berbagai keunggulan dibandingkan bibit kelapa lainnya, sehingga menarik minta petani dari luar Inhil untuk memesan dan menanam di daerah mereka.

"Bibit kelapa unggul ini banyak dipesan dari luar Inhil, karena memang memiliki banyak keunggulan. Namun tetap akan kita lakukan pengembangan terus bibit unggul asli Inhil ini," katanya.

Sebagai catatan, peluncuran varietas kelapa psang surut daerah Kabupaten Inhil ini dilakukan oleh Direktorat Jenderal Perkebunan melalui sidang pelepasan varietas yang dilaksanakan di Lampung, tahun lalu.

Bibit kelapa Sri Gemilang merupakan satu-satunya spesifikasi baru kelapa yang tumbuh di daerah pasang surut Indonesia dengan berbagai keunggulan. Pelepasan bibit kelapa unggul ini telah dimulai dengan proses dan penelitian sejak lima tahun yang lalu.     

Dalam kegiatan penelitian ini, Dinas Perkebunan Inhil bekerjasama dengan Balai Penelitian Tanaman Palma (Balitpalma) Manado dan secara terus menerus melakukan evaluasi.

Humas


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar