Pilwako Pekanbaru 2017 Ditemukan Kecurangan, KPU Pekanbaru Proses Jalan Terus


Dibaca: 760 kali 
Rabu,15 Februari 2017 - 19:34:52 WIB
Pilwako Pekanbaru 2017 Ditemukan Kecurangan, KPU Pekanbaru Proses Jalan Terus

GagasanRiau.Com Pekanbaru - Meskipun ditemukan kecurangan dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru, proses jalan terus. Demikian disampaikan oleh Komisi Pemilihan Umum Kota Pekanbaru.

"Proses Pilkada jalan terus, tahapan KPU jalan terus," ujar Ketua KPU Kota Pekanbaru Amiruddin Sijaya, Rabu (15/2/2017).

Dikatakan Amiruddin Sijaya penyelesaian kasus ini telah diserahkan kepada pihak yang berwenang, yakni Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu).

Dan, KPU hanya menunggu saja apa hasil keputusan sidang baru bisa ditindaklanjuti.

"Kami hanya menunggu proses putusan sidang yang dilakukan oleh Gakkumdu. Sambil berjalan KPU tetap jalankan rapat pleno nanti tanggal 16-22 sebagaimana sudah ditetapkan," ucapnya.

Diakuinya kasus ini memang bukan tidak ada pengaruhnya, namun sejauh ini itu sudah diserahkan penyelesaiannya kepada pihak berwenang.

Kalaupun nanti ada sanksi yang diputuskan oleh Gakkumdu, pihaknya hanya menunggu laporan dari Panwaslu Pekanbaru. "Kami menunggu hasil dulu," ujarnya lagi.

Jadi ia juga belum bisa menebak saksi administrasi yang akan ditetapkan terhadap proses tersebut.

Ia hanya menggambarkan sanksi administrasinya bisa diputuskan berupa melakukan Pilkada ulang, atau pencoretan salah satu Paslon saja. Semua tergantung rekomendasi dari hasil sidang.

"Bisa juga berupa pengurangan suara pada TPS dia melakukan kecurangan untuk Paslon yang di usung oleh saksi," tegasnnya.

Tetapi putusan itu yang bisa menentukan hanya sidang pleno Gakumdu.

"Jadi kita tunggu saja," ucapnya lagi.

Ditanya kondisi pelaksanaan pilkada Pekanbaru 2017 secara umum Amirudin Sijaya menambahkan sejauh ini aman, lancar dan terkendali. Tidak ada kekacuan yang berarti.

Proses selanjutnya KPU kini menunggu penghitungan surat suara dari masing-masing KPPS.  

Sebelumnya diberitakan telah terjadi kecurangan pada salah satu TPS di Kelurahan Meranti Pandak Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru.

Dimana satu orang saksi dari salah satu Paslon no 4 yang diduga telah melakukan "pencoblosan" pada dua TPS saat Pilkada 2017.

Ketua Panwaslu Kota Pekanbaru Indra Khalid Nasution di Pekanbaru membenarkan Rido Asbari Fahli tertangkap basah dengan kecurangannya.

"Begitu tertangkap dia kami amankan dengan pihak kepolisian," ucapnya.

Dimenjelaskan dari informasi yang dihimpun dia, Rido awalnya mencoblos di TPS 22 dengan surat suara yang dimiliki.

Selanjutnya Rido yang juga bertugas sebagai salah satu saksi Paslon ini berpindah ke TPS 21 kemudian melakukan pencoblosan kembali disana.

"Setelah mencoblos di salah satu TPS tempat ia sebagai saksi, ia pergi ke TPS satu lagi dan mencoblos lagi," katanya menambahkan.

Editor Arif Wahyudi  


Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KABAR TERKINI
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: redaksi@gagasanriau.com
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker