PT Ivo Mas Duduki Lahan Suku Sakai Sejak 1982 Hingga Kini Seluas 24 Ribu Hektar


Dibaca: 1425 kali 
Kamis,16 Maret 2017 - 21:06:07 WIB
PT Ivo Mas Duduki Lahan Suku Sakai Sejak 1982 Hingga Kini Seluas 24 Ribu Hektar Masyarakat Suku Sakai saat melakukan aksi di didepan perkantoran Gubernur Riau

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - PT Ivo Mas Tunggal sejak tahun 1982 hingga kini menguasai lahan ulayat milik Suku Sakai di Kabupaten Siak. Berbagai macam janji disampaikan pihak PT Ivo Mas Tunggal kepada suku Sakai namun tak pernah ditepati janjinya oleh perusahaan tersebut.

"Tahun 2012 masyarakat Suku Sakai menuntut kembali tanah mereka namun oleh PT Ivo Mas Tunggal disuruh cari lahan kosong. Karena lahan yang mereka punya sudah dikuasai oleh perusahaan. Hingga saat ini jangankan bertani, untuk ziarah di kuburan tanah nenek moyang mereka pun di usir" ungkap Dabson Koordinator Aksi Persatuan Masyarakat Suku Sakai (PSSM) ini saat melakukan aksi demonstrasi Rabu (15/3/2017).

Dijelaskan Dabson, PT Ivo Mas Tunggal ini sudah menguasai tanah ulayat milik Suku Sakai yang berada di kawasan Kandis Kabupaten Siak seluas 24 ribu hektar.

"Pernah masyarakat memperjuangkan tanah mereka kepada Camat dan Bupati Siak, namun oleh oknum ada yang menyampaikan kata-kata menyedihkan" ujar Dabson.

"Untuk apa kalian duduki lahan kalian, kan perusahaan tidak mau memberikan", ada juga yang menyampaikan seperti ini, "kalau mau dapat kembali lahan kalian ini minta sana sama pemerintah kalian jangan terus duduki lahan ini, percuma perusahaan juga tidak perduli kalian" tutur Dabson.

Dikatakan Dabson, dirinya sebagai keturunan dari Suku Sakai merasa terpanggil dengan penderitaan kaum marjinal ini.

"Sekarang hidup kami masyarakat Suku Sakai bergantung pada kebijakan Gubernur Riau" tukas Dabson.

Namun mirisnya meskipun Suku Sakai ini sempat melakukan aksi massa sekitar 500 orang yang terdiri anak-anak perempuan dan lelaki yang sudah dengan jalan kaki dari Kandis Kabupaten Siak ke Kota Pekanbaru untuk meminta kebijakan Pemerintah Provinsi tak digubris.

Aksi massa yang sempat memblokir jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru Rabu (15/3/2017) dan memanas, namun tuntutan ini tak menghasilkan apa-apa.

Pasalnya ratusan massa ini dipulangkan oleh Pemprov Riau ke kampung halaman mereka di Kandis menggunakan bus milik Satpol PP.

Arsyadjuliandi Rachman Gubri saat menemui peserta aksi menyatakan bahwa pihaknya akan mengumpulkan data dahulu untuk menyikapi tuntutan masyarakat.

Reporter Arif Wahyudi


Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,13 November 2018 - 18:16:34 WIB
    Gerakan Sekolah Angkasa Cinta Lingkungan di Lanud Rsn

    Yasarini Lanud Rsn Ajak Siswa TK Bersih Lingkungan

    Yasarini Lanud Rsn Ajak Siswa TK Bersih Lingkungan GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Dalam rangka mendukung gerakan Sekolah Angkasa cinta lingkungan, Yayasan Ardhya Garini (Yasarini) Lanud Roesmin Nurjadin bersama seluruh siswa melaksanakan bersih-bersih di lingkungan
  • Kamis,08 November 2018 - 15:34:56 WIB

    Plank Rambu Peringatan Daerah Rawan Buaya

    Plank Rambu Peringatan Daerah Rawan Buaya GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Sebanyak 6 personil turun, dipimpin langsung oleh Kepala Resort Pekanbaru, Jaya Sitorus melakukan pemasangan plank peringatan Daerah Rawan Buaya.   D
  • Rabu,07 November 2018 - 16:11:57 WIB
    Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasiona

    Balai Besar KSDA Riau Lepas Satwa Liar ke Alam Bebas

    Balai Besar KSDA Riau Lepas Satwa Liar ke Alam Bebas GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - 5 Nobember 2018 bertepatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional, Balai Besar KSDA Riau gelar pelepasliaran satwa dilindungi di kawasan konservasi dalam pengelolaan Balai Besar KSDA Riau
  • Rabu,17 Oktober 2018 - 17:36:15 WIB

    JMGR Sebut APR Ancaman Baru Kawasan Gambut di Riau

    JMGR Sebut APR Ancaman Baru Kawasan Gambut di Riau GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU Jaringan Masyarakat Gambut Riau (JMGR) sebut PT Asia Pacifik Rayon (APR) pabrik pengolahan Viscose Staple Fiber (VSF) memproduksi serat rayon di Kerinci Kabupaten Pelalawan
  • Rabu,17 Oktober 2018 - 10:28:35 WIB

    APRIL Bangun APR, Ancaman Karhutla di Riau Kedepannya Semakin Mengerikan

    APRIL Bangun APR, Ancaman Karhutla di Riau Kedepannya Semakin Mengerikan GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Sekretaris Jenderal Jaringan Masyarakat Gambut Riau (JMGR) Isnadi Esman menyatakan bahwa ancaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Bumi Lancang Kuning akan semakin mengerikan dari sebelumnya
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker