Riau

Wan Thamrin Ditetapkan Sebagai Wakil Gubernur Terpilih Sisa Masa Jabatan 2014-2019

Suasana saat pemilihan Wakil Gubernur Riau berlangsung

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU – Melalui rapat paripurna yang dilaksanakan di DPRD Riau, Wan Thamrin Hasyim akhirnya terpilih sebagai pemenang dalam pemilihan Wakil Gubernur Riau, sisa masa jabatan 2014-2019, yang digelar di ruang paripurna DPRD Riau, Selasa (25/4).

Wan Thamrin Hasyim unggul memperoleh suara sebanyak 40 suara, sedangkan rivalnya Ruspan Aman memperoleh suara sebanyak 23 suara, yang berasal dari anggota DPRD Riau sebagai pemilih.

Rapat paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Riau, Dra Hj Septina Primawati, didampingi 3 pimpinan DPRD Riau lainnya, Noviwaldy Jusman, Sunaryo, dan Manahara Manurung.

Sedangkan yang bertindak sebagai Panitia Pemilihan Wakil Gubernur Riau adalah, Ketua Panlih, Aherson, Wakil Ketua Panlih, Ade Hartati. Dan anggota Panlih lainnya, yakni, Husaimi Hamidi, Masnur, Ade Agus Hartanto, Ilyas HU, Hardiyanto, dan Maamun Solihin.

Sementara itu, pelaksanaan pemilihan Wakil Gubernur Riau berlangsung dengan lancar dan aman. Masing-masing anggota DPRD Riau memberikan hak suaranya masing-masing di bilik suara yang sudah disediakan.

Sebelumnya, pemilihan yang dilaksanakan sempat imbang pada pemilihan pertama, dimana masing-masing calon memperoleh suara sebanyak 31 suara, dari 62 peserta pemilihan dari anggota DPRD Riau. Ada pun yang tidak hadir adalah Eve Tenger Sinaga pada putaran pertama tersebut. Eve Sitenger baru hadir pada putaran kedua.

Sebagaimana diketahui jumlah anggota DPRD Riau adalah 65 orang, salah seorang anggota DPRD Riau, Rosfian meninggal dunia beberapa waktu lalu, dan satu lagi, Siswaja Muljadi tersangkut masalah hukum dan saat ini dalam tahanan.

Sementara itu, hasil pemilihan tersebut akan segera diserahkan DPRD Riau ke Pemprov Riau, agar bisa segera disampaikan Pemprov selanjutnya ke Kementerian Dalam Negeri dan diajukan oleh Kemendagri ke Presiden RI, untuk pelantikan Wakil Gubernur Riau terpilih tersebut.

Sebelumnya, kegiatan pemilihan Wakil Gubernur Riau akhirnya baru dibuka setelah molor dua jam, yakni dibuka pada pukul 11.08 WIB, dari jadwal sebelumnya pukul 09.00 WIB. Hal ini dikarenakan Gubernur Riau ada kegiatan di Kecamatan Tampan.


Suasana saat pembacaan teknis pemilihan Wakil Gubernur jelang pemilihan dilaksanakan
 
“Berhubung Gubernur Riau ada kegiatan di Kecamatan Tampan, maka kegiatan ini sedikit tertunda,” ujar salah seorang protokoler menyampaikan di depan ruang paripurna.

Setelah gubernur datang, kegiatan paripurna akhirnya dimulai. Panlih pun mulai menyampaikan ketentuan pemilihan. Salah satu ketentuan pemipihan yang wajib diikuti oleh anggota DPRD Riau adalah, para peserta pemilih yang terdiri dari anggota dewan adalah, dilarang membawa handphone berkamera ke bilik suara. Hal ini untuk menghindari terjadinya pembuktian bahwa yang bersangkutan memilih calon tertentu.

“Pemilih tidak diperkenankan membawa handphone berkamera ke bilik suara,” ujar Aherson saat membacakan teknis pemilihan.

Ketua dan anggota DPRD Riau berfoto bersama dengan dua calon Wakil Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim dan Ruspan Aman usai pemilihan
 
Sementara itu, Wan Thamrin yang terpilih sebagai Wakil Gubernur Riau menyatakan siap untuk bersinergi bersama dengan Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman. Seperti yang ia sampaikan dalam penyampaian program kerja di DPRD Riau beberapa waktu lalu, bahwa ia akan tetap pada koridor program yang sudah dibuat gubernur sebelumnya.

“Kita ini berada di sini, niatnya hanya satu, mendampingi Gubernur. Tugas Wakil Gubernur adalah untuk membantu menjalankan apa yang sudah menjadi program pemerintah. Kita tidak akan lari dari koridor tersebut,” kata Wan Thamrin.

Dia menyebutkan, saat ini ada beberapa permasalahan yang terjadi di Riau. Terbatasnya kemampuan daerah, kualitas sumber daya manusia yang juga terbatas. Dengan visi yang diusungnya, yakni terwujudnya Provinsi Riau yang maju, masyarakat sejahtera, berbudaya melayu dan berdaya saing tinggi, kemiskinan menurun, teredianya lapangan kerja serta pemantapan aparatur, Wan Thamrin Hasyim yakin itu semua sejalan dengan apa yang diprioritaskan pemerintah saat ini.

Wan Thamrin menyebutkan, latar belakang ikut dalam proses pemilihan ini, tidak lepas dari keinginannya untuk tetap mengabdi bagi masyarakat Riau.”Kita ingin tetap memberi makna berbuat untuk daerah kita ini. Bukan untuk diri sendiri tapi untuk seluruh masyarakat Riau,” ujarnya.

Reporter Sutan Rang Kayo


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar