Daerah

Momen MTQ Ditingkat Kecamatan, Jadikan Inhil Lumbung Qori Dan Qori'ah

GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Melalui momen Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) di tingkat Kecamatan, Bupati Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan mengajak seluruh pihak yang berkaitan dengan penyelenggaraan untuk mengembalikan kejayaan Kabupaten Inhil sebagai 'lumbung' qori dan qori'ah di Provinsi Riau.

Untuk itu, dalam pelaksanaan MTQ tingkat Kecamatan Kemuning yang akan segera digelar, Bupati Wardan melarang keras bagi setiap Desa maupun Kelurahan mengikutsertakan qori dan qori'ah yang berasal dari luar daerah Kecamatan Kemuning.

"MTQ tingkat Kecamatan, merupakan momentum bagi Pemerintah Kecamatan dan Masyarakat Kemuning untuk mengeksplorasi 'bibit unggul' qori dan qori'ah yang nantinya bisa menjadi delegasi ke MTQ tingkat Kabupaten Inhil, provinsi Riau, bahkan Nasional," kata Bupati Wardan dalam sambutannya pada pawai ta'aruf yang digelar di Kecamatan Kemuning, Kamis (27/4/2017).

Dulu, Bupati Wardan menjelaskan, Kabupaten Inhil pernah mendapatkan predikat sebagai 'lumbung' qori dan qori'ah yang begitu disegani dalam kancah Provinsi Riau pada setiap penyelenggaraan MTQ.

"Kerinduan dan keinginan untuk kembali menjadi Kabupaten yang disegani karena banyaknya qori dan qori'ah berbakat, kini terasa begitu besarnya. Ingin sekali momen seperti saat dulu itu terulang kembali, yang mana qori dan qori'ah asal Inhil senantiasa meraih prestasi menjadi juara dalam MTQ Provinsi Riau," pungkasnya.

Kendati predikat sebagai 'lumbung' qori dan qori'ah tersebut mulai tergerus waktu, Bupati Wardan tetap optimistis, momen membanggakan seperti yang pernah dialami Kabupaten Inhil itu akan dapat kembali terulang, jika memang fokus untuk mendapatkannya.

Untuk diketahui, Pawai Ta'aruf yang dipusatkan di Desa Batu Ampar tersebut, dilaksanakan guna menyambut penyelenggaraan MTQ Tingkat Kecamatan Kemuning yang akan diikuti oleh 11 Desa dan 1 Kelurahan.

Terlihat antusiasme masyarakat Kecamatan Kemuning yang begitu tinggi dalam mengikuti pawai ta'aruf. Terbukti, meski harus berjalan menyusuri jalan dengan panjang sekitar 2 kilometer di bawah terik matahari, ratusan masyarakat Kecamatan Kemuning tetap melakukannya.

Melihat antusiasme masyarakat tersebut, Bupati Wardan pun terkesima dan menyebut Pawai Ta'aruf di Kecamatan Kemuning dapat disetarakan dengan Pawai Ta'aruf yang diadakan pada tingkat Kabupaten Inhil. (Diskominfo)


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar