Pesawat Tempur Lanud Rsn “Force Down” Pesawat Asing


Dibaca: 682 kali 
Rabu,03 Mei 2017 - 16:03:36 WIB
Pesawat Tempur Lanud Rsn “Force Down” Pesawat Asing

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Dari pantauan radar di wilayah Kosekhanudnas III, didapatkan informasi tentang adanya lasa X atau pesawat yang tidak dikenal melintasi wilayah udara NKRI. Atas dasar informasi tersebut seluruh jajaran Lanud Rsn diperintahkan bersiaga.

Pesawat tempur F-16 dari Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin segera mengudara untuk melakukan identifikasi, dan setelah dipastikan bahwa pesawat tersebut melakukan pelanggaran maka  dilakukan “force down” terhadap pesawat tersebut.

Hal ini harus dilakukan karena pesawat tersebut tidak mengindahkan himbauan untuk segera meninggalkan wilayah udara Indonesia yang telah mereka langgar ketika sudah diidentifikasi oleh pesawat F-16.

Dari hasil interogasi sementara, diketahui pesawat tersebut berjenis pesawat intai dari negara Musang dengan crew berjumlah tujuh orang. Untuk selanjutnya, baik pesawat maupun crew akan berada di Lanud Rsn untuk dilakukan proses penyelidikan berikutnya.

Ini bukanlah kejadian nyata, tetapi merupakan skenario dari Latihan force down yang merupakan bagian dari seluruh rangkaian Latihan “Bido Gesit 2017”, Selasa (2/5).

Selain melibatkan seluruh unsur yang ada di Lanud Rsn dan Yonko 462 Paskhas, latihan ini juga melibatkan satuan lain yaitu Skadron Udara 1 Lanud Supadio Pontianak.

Latihan Bido Gesit yang dibuka sejak Jum’at (28/4) dan direncanakan berlangsung hingga Kamis (4/5) ini merupakan latihan satuan yang dilakukan untuk menguji dan meningkatkan kemampuan serta kesiapan operasional satuan di jajaran Lanud Roesmin Nurjadin dalam menghadapi setiap kontijensi di wilayah tanggung jawabnya, yang dibagi dalam dua tahap yaitu Latihan Posko dan Manuver Lapangan.

“Di dalam latihan ini kita akan menguji protap, menguji doktrin tentang bagaimana Lanud Rsn sebagai pangkalan terdepan di wilayah Sumatera harus senantiasa siap sedia dalam melaksanakan tugas kapanpun itu”, ujar Danwing 6, Kolonel Pnb Radar Soeharsono selaku Direktur Latihan.

Beberapa materi latihan yang akan dilaksanakan seperti kegiatan Scramble, Force Down, Operasi Udara, penanganan kondisi Emergency, pertahanan pangkalan, pengamanan Alutsista, penanganan bahaya kebakaran serta SAR Tempur.

Danlanud Rsn Marsma TNI Henri Alfiandi berpesan kepada seluruh peserta latihan untuk dapat melaksanakan latihan dengan semangat tinggi dan penuh tanggung jawab, serta tetap utamakan faktor keamanan dan keselamatan, agar latihan dapat berjalan dengan aman, lancar dan tanpa kendala.(RILIS)


Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: redaksi@gagasanriau.com
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker