Sosbud

Jaga Keamanan Warga Kota, Polresta Pekanbaru Gelar Patroli Dialogis di Galery ATM

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Pekanbaru terus meningkatkan rasa aman dan nyaman warga Kota Bertuah. Selain melakukan patroli pada malam hari di bulan Ramadhan ini, pada siang hari juga dilakukan patroli.

Sebagaimana yang dilakukan oleh Satuan Pembinaan Masyarakat Kepolisian Resor Kota Pekanbaru. Sat Bin Mas Polresta Pekanbaru ini melaksanakan Patroli dialogis. Patroli dialogis ini memilih sasaran sekuriti atau tenaga pengamanan galeri Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Selain melaksanakan dialog kepada tenaga pengamanan Galeri ATM, petugas juga berdialog dengan nasabah atau masyarakat yang akan menggunakan ATM.

Dijelaskan Wakapolresta Pekanbaru AKBP Edy Sumardi Priadinata patroli dialogis ini berkaitan dengan dengan seiring kemajuan teknologi di era modern, dimana para pelaku kejahatan juga semakin kreatif dalam melancarkan aksinya.

"Salah satu bentuk kejahatan yang menggunakan mesin ATM saat ini adalah dengan modus " kartu ATM tertelan atau menyangkut ", dimana pelaku akan datang dan berpura-pura sebagai penolong" papar Wakil Kepala Kepolisian Resor Kota (Wakapolresta) Pekanbaru AKBP Edy Sumardi Priadinata Jumat (9/6/2017).

"Jika mengalami situasi seperti ini kami harapkan kepada nasabah atau pengguna ATM untuk tidak langsung panik dan menerima bantuan orang yang tidak dikenal, akan tetapi segera minta bantuan kepada petugas bank setempat atau petugas yang jelas identitas nya atau bisa juga dengan menghubungi nomor call center bebas pulsa yang ada di mesin ATM" papar Brigadir Omaz.

Selain itu kata Brigadir Omaz, bentuk kerawanan-kerawanan yang sering terjadi ditempat ATM antara lain adalah dengan modus penipuan undian berhadiah sehingga harus mentransfer sejumlah uang ke rekening orang yang tidak bertanggung jawab.

Modus penipuan pergantian Nomor Pin ATM,  serta pencurian dengan kekerasan terhadap orang yang sedang mengambil uang di ATM.

Sementara itu Kasat Binmas AKP Sunarti saat dikonfirmasi mengatakan bahwa untuk mengantisipasi hal tersebut maka pihaknya meningkatkan patroli dialogis di galeri ATM yang ada di seputaran wilayah Kota Pekanbaru guna mengantisipasi tindak kejahatan yang sering terjadi.

"Kami menghimbau masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati saat akan menggunakan mesin ATM, jika mengalami permasalahan dengan kartu ATM,  maka mintalah bantuan kepada petugas bank yg memakai seragam dan tanda pengenal resmi dari bank" tutup AKBP Edy Sumardi Priadinata SIK.

Editor Wandrizal


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar