Daerah

Ketua PMI Inhil Sebut Donor Darah Jadi Gaya Hidup Masyarakat

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Inhil, Hajjah Zulaikha Wardan saat kata sambutan pada acara buka bersama dengan pengurus dan karyawan PMI

GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Hajjah Zulaikha Wardan sebut dan mengimbau agar aktifitas donor darah menjadi suatu gaya hidup di kalangan masyarakat Kabupaten Inhil.

Himbauan tersebut disampaikan Zulaikha pada saat menghadiri kegiatan Silahturrahmi dan Buka Puasa Bersama Bupati Inhil HM Wardan, Pengurus, Karyawan, Relawan dan Tokoh Masyarakat Kabupaten Inhil di Markas PMI Inhil, Jalan Veteran, Tembilahan, Kamis (15/6/2017) sore.

"Kalau bisa kegiatan donor darah ini dapat menjadi suatu gaya hidup di kalangan masyarakat Kabupaten Inhil. Tentunya, masih dengan tujuan yang mulia, yakni membantu orang yang membutuhkan darah," kata Zulaikha.

Disamping itu, Zulaikha juga mengungkapkan, guna memenuhi persediaan darah, pihak PMI Kabupaten Inhil telah menjalin kerjasama dengan pihak perusahaan.

"Ini semua dilakukan mengingat kebutuhan akan darah yang tidak dapat diprediksi secara pasti jumlahnya. Namun, stok darah ini harus selalu tersedia di Markas PMI sehingga saat dibutuhkan tidak susah lagi mencarinya," pungkas Zulaikha.

Selanjutnya, Zulaikha juga menyebut, jika PMI tidak hanya memiliki tugas sebagai penyedia darah dan fasilitator para pendonor darah, namun juga bertugas melaksanakan kegiatan sosial lainnya.

"Kemarin, kami sudah melakukan kunjungan ke tempat sejumlah balita penderita gizi buruk. Setelahnya, kami juga memberikan pembinaan kepada orang tua balita penderita gizi buruk itu. Dari hasil tinjauan lanjutan, 2 (dua) balita penderita gizi buruk ini telah ada progress yang baik," ungkap Zulaikha.

Menanggapi tugas yang tidak hanya berorientasi pada aktifitas donor darah semata ini, Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada segenap qpengurus, karyawan dan relawan PMI Kabupaten Inhil.

"Atas nama Pemkab Inhil, Saya menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih karena kepedulian sosial dari PMI tidak hanya ditunjukkan dalam wujud donor darah saja, namun juga berupa kegiatan sosial lainnya," ujar Bupati.

Selain itu, Bupati Wardan menilai, aktifitas donor darah masih menjadi suatu hal yang menakutkan bagi mayoritas masyarakat Kabupaten Inhil. Guna menunjang tugas utama PMI, Dia menyarankan, agar pihak PMI dapat melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat perihal manfaat dari aktifitas donor darah.

"Dengan begitu, saya yakin, sedikit banyak masyarakat tersebut akan tertarik untuk menyumbangkan darah bagi saudaranya yang sangat membutuhkan," kata Bupati.

Pada kegiatan ini, Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan menyerahkan santunan kepada 20 (Dua Puluh) orang anak yatim. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian tausyiah oleh Usatdz Suhaidi, S.Ag menjelang masuk waktu berbuka puasa. (Diskominfo)


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar