Lingkungan

Polres Kampar Himbau Pengendara Parkir Dibadan Jalan Antisipasi Puncak Arus Balik

Warga meminta sumbangan untuk merayakan Hari Raya 6 di Kabupaten Kampar

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Untuk mengantisipasi kemacetan arus balik Lebaran 2017 dari Sumatera Barat menuju Pekanbaru Kepolisian Resor (Polres) Kampar turun ke jalan, melakukan penyuluhan kepada pengguna kendaraan agar tidak memarkirkan kendaraannya di bahu jalan.

Sebagaimana disampaikan oleh Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Guntur Aryo Tejo SIK, MM Sabtu 1 Juli 2017 kepada wartawan.

"H+6 Lebaran yang diprediksi merupakan puncak arus balik lebaran dari arah Sumbar menuju Pekanbaru, Polres Kampar turunkan Personil Satuan Binmas untuk memberikan himbauan kepada masyarakat dan pengguna jalan di Jalur Lintas Riau Sumbar" kata Kombes Pol Guntur Ary Tejo.

"Kegiatan ini dipimpin Kanit Bintibmas Satuan Binmas Polres Kampar Ipda H.M. Sahir bersama anggota staf menggunakan mobil penyuluhan Binmas" terang Guntur.

Dan, lanjut Guntur kegiataan ini dimulai pukul 09.00 wib pagi tadi, Tim Penyuluhan dari Sat Binmas Polres Kampar mendatangi Pasar Air Tiris yang berada disisi Jalan Lintas Riau Sumbar wilayah Kecamatan Kampar.

"Hari ini merupakan hari Pasar di daerah tersebut yang berpotensi menimbulkan kemacetan bagi arus balik dari Sumbar menuju Pekanbaru karena adanya pasar tumpah" terang Guntur.

Dilokasi ini petugas melalui pengeras suara pada mobil penyuluhan menghimbau para pedagang dan pengunjung pasar agar tidak memarkirkan kendaraannya dipinggir jalan.

Karena hal ini akan mengganggu kelancaran arus balik lebaran yang melewati jalan ini, dan kepada pengguna jalan juga diingatkan untuk tetap mematuhi peraturan lalulintas.

"Saat perjalanan melewati Desa Batu Belah yang masih di wilayah Kecamatan Kampar, petugas juga menemukan adanya warga yang meminta sumbangan di tengah jalan untuk kegiatan perayaan hari Raya Enam, petugas kemudian meminta warga ini untuk menghentikan kegiatannya karena selain mengganggu kelancaran lalulintas juga membahayakan keselamatan dirinya maupun pengguna jalan lain" papar Guntur.

Dari hasil pantauan dilapangan, tukas Guntur, sejak pagi tadi arus lalulintas dari arah Sumbar menuju Pekanbaru sudah ramai dan terus meningkat, diprediksi puncaknya akan terjadi mulai sore hingga tengah malam nanti.

Menurut Guntur, pihaknya melelaui Kapolres Kampar AKBP Deni Okvianto SiK kondisi arus balik lebaran pada hari kondisi secara umum sepanjang Jalan Lintas Riau Sumbar masih lancar.

Polres Kampar juga telah menyiagakan Tim Urai macet dari Satuan Lalulintas dan Sabhara untuk melakukan pengaturan dan rekayasa lalulintas guna pengalihan arus apabila diperlukan.

"Untuk Pos pengamanan disepanjang jalur ini, sejak tadi malam hingga hari Minggu nanti, juga telah dilakukan penambahan personil sebagai tambahan perkuatan, semoga semuanya berjalan dengan lancar" tutp Guntur.

Editor Arif Wahyudi


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar