Di Lanud RSN, Diresmikan Penerapan TMC Cegah Karhutla Riau


Dibaca: 881 kali 
Rabu,05 Juli 2017 - 14:58:29 WIB
Di Lanud RSN, Diresmikan Penerapan TMC Cegah Karhutla Riau Danlanud Rsn Marsma TNI T.B.H. Age Wiraksono, S.I.P., M.A., bersama Kapolda Riau Irjen Pol Zulkarnain Adinegara, Kajati Riau, Kasrem 031/WB, Ka BB TMC BPPT, serta para pejabat terkait berfoto bersama usai meninjau pesawat Cassa dari Skadron Udara 4 Lanud

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Untuk mencegah serta mengantisipasi timbulnya ancaman kebakaran hutan dan lahan di provinsi Riau, berbagai upaya terus dilakukan, salah satunya adalah dengan melakukan penerapan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC), yang diresmikan penggunaannya di Shelter Charlie Lanud Rsn, Rabu (5/7).

Penerapan TMC di Provinsi Riau ini dibuka oleh Ka BB TMC BPPT DR. Trihandoko Seto, M.Sc., dan Kasrem 031/WB mewakili Danrem 031/WB Brigjen TNI Abdul Karim, yang dihadiri Kapolda Riau, Danlanud Rsn, Kajati Riau, Ka BMKG Pekanbaru, Kabasarnas Pekanbaru serta para pejabat terkait.

Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) adalah suatu bentuk upaya intervensi manusia pada sistem awan untuk mengkondisikan cuaca agar berperilaku lebih mengarah sesuai dengan yang dibutuhkan, umumnya adalah untuk meningkatkan intensitas curah hujan atau mempercepat proses hujan di suatu tempat.

Untuk membantu pengamatan cuaca dan kondisi awan diwilayah target, telah ditempatkan personel di dua lokasi Pos Pengamatan Meteorologi (Posmet) di daerah Pelalawan dan Dumai. Setelah laporan dan analisis dari tim BMKG diterima, maka kegiatan TMC dapat dilaksanakan yang didukung satu unit  unit pesawat jenis Cassa 212-200 dari Skadron Udara 4 Lanud Abdulrachman Saleh Malang.

Dalam kesempatan ini Ka BB TMC BPPT DR. Trihandoko Seto, M.Sc dan Kasrem 031/WB sama-sama menyampaikan kepada seluruh unsur yang ada di provinsi Riau untuk dapat mensukseskan kegiatan TMC ini, karena upaya ini akan dapat berhasil dengan adanya kerja sama yang baik dari semua pihak.

Sementara itu Danlanud Rsn Marsma TNI T.B.H Age Wiraksono, M.A., mengatakan baik personel, alutsista serta sarana pendukung dari Lanud Roesmin Nurjadin akan selalu siap mendukung upaya Satgas untuk mencegah Karhutla, termasuk pelaksanaan penerapan TMC di Riau.

“Karena sudah menjadi komitmen kita bersama, Satgas Karhutla Riau, untuk dapat mencegah Karhutla dan mencapai Riau Bebas Asap”, ujar Danlanud.(RILIS)


Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,25 Desember 2018 - 14:39:07 WIB

    JMGR: Ribuan Ikan Mati Diduga Keracunan, DLH Pelalawan Harus Tanggap

    JMGR: Ribuan Ikan Mati Diduga Keracunan, DLH Pelalawan Harus Tanggap GAGASANRIAU.COM, PELALAWAN - Kejadian mengapungnya ribuan ikan di Sungai Kampar yang sedang ramai dibicarakan ini akhirnya ditanggapi oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pelalawan sebagai mana yang di muat di beberapa media online di
  • Senin,24 Desember 2018 - 20:05:20 WIB

    Fenomena Aneh Ribuan Ikan Mati di Sungai Kampar Pelalawan

    Fenomena Aneh Ribuan Ikan Mati di Sungai Kampar Pelalawan GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Fenomena banyaknya ikan timbul dalam keadaan mati di Sungai Kampar menghebohkan warga setempat. Peristiwa itu diketahui warga pada Hari Ahad pagi (23/12/2018) waktu setempat. 
  • Kamis,20 Desember 2018 - 22:42:27 WIB

    Masalah Lahan Berujung Bentrok Masyarakat dengan Security PT BBSI

    Masalah Lahan Berujung Bentrok Masyarakat dengan Security PT BBSI GAGASANRIAU COM, PEKANBARU - Terjadi gesekan Fisik di lahan yang disengketakan oleh pihak perusahaan dan masyarakat. Memicu terjadinya bentrok antara security PT. BBSI dengan masyarakat Dusun IV Desa Tlg 7 Buah Ta
  • Selasa,11 Desember 2018 - 22:33:03 WIB

    Buaya Berkeliaran di Banjir Kuansing Berhasil Ditangkap

    Buaya Berkeliaran di Banjir Kuansing Berhasil Ditangkap GAGASANRIAU.COM, KUANSING -Bencana banjir beberapa kali menimpa warga Kabupaten Kuansing menenggelamkan sejumlah fasilitas serta lahan persawahan warga.  
  • Senin,26 November 2018 - 22:36:23 WIB

    Organisasi Dokter Bedah di Riau Serukan Mogok Operasi Pasien

    Organisasi Dokter Bedah di Riau Serukan Mogok Operasi Pasien GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU -  Organisasi Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Indonesia (Ikabi) Koordinaor Wilayah Riau melalui nomor surat 176/IKABI/KORWIL RIAU/XI/2018 yang berbunyi penundaan pelayanan, menyatakan mogok
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker