Daerah

Kimisi II DPRD INHIL Sebut Penyelamatan Perkebunan Kelapa Rakyat Menjadi PR Besar Bagi Pemkab

GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Persoalan penyelamatan perkebunan kelapa rakyat menjadi PR besar bagi Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir. Untuk itu, perlu partisipasi semua pihak guna menyelamatkam sumber perekonomian rakyat ini. 
 
Dengan hanya terpaku dengan Pemkab Inhil, maka penyelamatan kebun kelapa rakyat akan lamban karrna keterbatasan anggaran yang dimiliki. 
 
Untuk itu, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri Hilir mengatakan desa bisa menggunakan dana Desa Maju Injil Jaya (DMIJ) untuk pembangunan tanggul.
 
"Iya, dana desa boleh digunakan untuk menyelamatkan kebun kelapa rakyat. Boleh, tapi tidak semuanya," kata Ketua Komisi IIl DPRD Kabupaten Indragiri Hilir, Junaidi beberapa waktu lalu.
 
Dikatakannya kembali, apa lagi saat ini pemerintah daerah telah menyerahkan alat berat untuk menyelamatkan kebun kelapa rakayat.
 
"Apalagi dengan adanya alat itu, mereka (perangkat desa, red) hanya membeli minyak saja. Rp 15.000 semeter selesai, kalau dulu Rp60.000 permeter," katanya kembali.
 
Disambungnya kembali, jika desa menyumbang sebesar Rp100.000.000 atau Rp150.000.000 maka akan terkerjakan sekira 10 KM pertahun. 
 
"Kalau dikerjakan sekira lima tahun. Sudah berapa yang tekerjakan. Maka persoalan tersebut akan selesai," tutur Junaidi.(ADV)


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar