Terpantau 27 Titik Api, 14 Positif Kebakaran Lahan

Dalam Sehari Titik Api Terus Meningkat di Riau

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Terjadi peningkatan titik api di Provinsi Riau. Pada hari Kamis hanya 17 titik dan pada Jumat pagi menjadi 27 titik api. Hal berdasarkan pendeteksian yang dilakukan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru.

"Pagi ini titik panas terpantau sebanyak 27 titik, meningkat 10 titik panas dibanding Kamis," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Pekanbaru, Slamet Riyadi di Pekanbaru (4/8/2017).

Dan katanya lagi titik api itu tersebar di Kabupaten Pelalawan sebanyak 16 titik berdasarkan pantauan citra satelit Satelit Terra dan Aqua tersebut.

Selanjutnya titik panas turut terpantau di Indragiri Hilir tujuh titik, Indragiri Hulu tiga titik, dan Siak satu titik. Dan sisanya di Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir.

"14 di antaranya dipastikan sebagai titik api atau indikasi kuat kebakaran hutan dan lahan dengan tingkat kepercayaan di atas 70 persen" katanya.

"Titik api terpantau di Pelalawan sembilan titik, Indragiri Hulu tiga titik dan Indragiri Hilir dua titik," tuturnya.

Keberadaan titik-titik panas di Pulau Sumatera dan Provinsi Riau terus terpantau dalam beberapa pekan terakhir. Satuan tugas (Satgas) penanggulangan Karhutla Riau terus meningkatkan koordinasi guna mengatasi titik-titik panas.

Pemerintah Provinsi Riau jauh di awal tahun ini telah mengambil tindakan cepat dengan menetapkan status siaga penanggulangan kebakaran hutan dan lahan. Status itu telah diperpanjang hingga November 2017 mendatang.

Kini Pemerintah Pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah membantu Riau dengan mengerahkan lima pesawat helikopter pengebom air jenis Sikorsky, MI-171 dan MI-172. Helikopter itu menjadi andalan Pemerintah Riau yang tergabung dalam Satgas Karhutla dalam menanggulangi titik-titik api.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, total luas lahan yang terbakar sepanjang Januari hingga Juli 2017 mencapai 548,72 hektare. Lahan yang terbakar itu menyebar di sejumlah titik di Provinsi Riau.

Di antara wilayah yang mengalami kebakaran cukup masif sejak awal tahun ini adalah Rokan Hilir, Bengkalis, Dumai, Meranti, Rokan Hulu, Pelalawan, Siak, Indragiri Hilir. Bahkan, dalam beberapa hari terakhir kebakaran berkisar dua hingga puluhan hektare terjadi di wilayah pesisir Riau, seperti Rokan Hilir, Dumai, Bengkalis dan Meranti.

Editor Arif Wahyudi


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar