Wardan Lepas Keberangkatan 237 JCH Kloter 8 ke Embarkasi Batam


Dibaca: 283 kali 
Sabtu,05 Agustus 2017 - 20:21:28 WIB
Wardan Lepas Keberangkatan 237 JCH Kloter 8 ke Embarkasi Batam
GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan melepas keberangkatan 237 (Dua Ratus Tiga Puluh Tujuh) orang Jema'ah Calon Haji (JCH) Kelompok Terbang (Kloter) 8 (Delapan) menuju embarkasi Batam di Mesjid Al - Huda, Tembilahan, Sabtu (5/8/2017) pagi.
 
Menurut penuturan Bupati Wardan, jumlah Jema'ah Calon Haji yang berasal dari Kabupaten Inhil tahun ini mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun lalu. Tahun ini, lanjutnya, terdapat 422 orang total Jema'ah Calon Haji yang diberangkatkan yang terbagi dalam beberapa kloter.
 
"Sebenarnya, Pihak Pemerintah Kabupaten Inhil berencana menggabungkan 422 Jema'ah Calon Haji ini dalam satu kloter saja, namun ternyata dalam mempersiapkan kelengkapan dokumen keberangkatan, seperti Visa, Kementerian Agama tidak bisa menerbitkannya sekaligus. Maka, Jema'ah Calon Haji ini terbagi ke dalam beberapa kloter," kata Bupati Wardan saat memberikan sambutan dihadapan para Jema'ah Calon Haji yang siap diberangkatkan.
 
Bupati Wardan memaparkan, pemberangkatan 422 orang Jema'ah Calon Haji Kabupaten Inhil tahun 2017 ini, dibagi menjadi 4 (empat) Kloter, dengan jumlah Jema'ah yang berbeda pada masing - masing kloter.
 
"Kemarin, di kloter 4, kita sudah memberangkatkan 174 orang jema'ah, begitu pula dengan kloter 7 ada 6 orang jema'ah. Kloter 8 ini ada 237 orang jema'ah. Nanti, di kloter 15 sebagai kloter terakhir, kita akan memberangkatkan 5 orang jema'ah," paparnya.
 
Bupati Wardan menerangkan, penyelenggaraan prosesi pelepasan yang dilaksanakan tersebut dimaksudkan untuk mengiringi keberangkatan para Jema'ah Calon Haji menuju Mekah Al - Mukarramah dengan do'a agar selamat sampai tujuan dan menyandang predikat sebagai haji yang mabrur.
 
"Tentunya, ada Jema'ah calon Haji yang hadir hari ini yang telah lama menantikan momen kenaikan haji ini. Penantian yang lama mungkin hingga 5, 7 bahkan 10 tahun lalu yang telah mendaftar. Alhamdulillah, hari ini bisa berangkat menunaikan ibadah haji. Acara ini bertujuan untuk mengiringi keberangkatan para Jema'ah dengan doa. Mendoakan semoga keberangkatan hari ini dan selanjutnya berjalan lancar tanpa halangan sehingga dapat menunaikan ibadah sunat dan Wajib serta kembali dengan selamat sebagai haji yang mabrur," pungkas Bupati.
 
Dalam kesempatan ini Bupati Wardan mengungkapkan, sejak tahun 2014 silam, Pemerintah Kabupaten Inhil bekerjasama dengan Kementerian Agama Kabupaten Inhil telah mengambil kebijakan yang jarang sekali diambil oleh daerah Kabupaten atau Kota manapun. Kebijakan tersebut, lanjut Bupati, ialah kebijakan untuk menggratiskan biaya lokal keberangkatan haji bagi para jema'ah calon haji dari Kabupaten Inhil menuju Batam.
 
"Dalam pemberangkatan Jema'ah Calon Haji, pastinya dibutuhkan transportasi dan akomodasi. Kedua hal tersebut juga tentu membutuhkan biaya yang terkadang terasa membebani para jema'ah. Di Inhil, sejak 2014 lalu, kami telah meniadakan biaya untuk kedua hal tersebut. Biaya lokal tersebut telah ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten Inhil sebagai wujud komitmen dan kepedulian," ungkap Bupati Wardan disambut riuh tepuk tangan para Jema'ah.
 
Keringanan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Inhil ternyata tidak hanya sampai disitu saja, dihadapan ratusan jema'ah calon haji beserta keluarga yang turut mengantarkan keberangkatan, Bupati Wardan menyampaikan, pihak Pemerintah Kabupaten Inhil juga direncanakan akan memberikan fasilitas yang lebih kepada para jema'ah calon haji di tahun mendatang.
 
"Hal ini memang baru sebatas gagasan yang kemudian akan kita bahas bersama pihak DPRD Inhil. Semoga saja, rencana ini dapat direalisasikan sehingga dapat lebih memberikan kelancaran keberangkatan para Jema'ah Calon Haji asal Inhil kedepan," kata Bupati dengan diamini oleh segenap hadirin kala itu.
 
Terakhir, kepada seluruh jema'ah calon haji yang siap untuk diberangkatkan, Bupati Wardan berpesan, agar dalam melaksanakan ibadah haji dapat senantiasa menjaga kesehatan karena perubahan iklim yang terjadi sangat drastis kala memasuki tanah Arab sehingga tujuan dalam menunaikan ibadah haji guna mendekatkan diri kepada Allah SWT dapat tercapai.
 
"Disamping itu, karena para jema'ah calon haji sekalian adalah 'duta' Inhil sekaligus 'duta' Indonesia disana, tolong jaga nama baik kita. Disana, para jema'ah akan bergabung dengan seluruh umat muslim dari seluruh penjuru dunia, jaga dan kendalikan tingkah laku karena hal itu akan menggambarkan Negara kita, menggambarkan Negeri kita. Selama ini, kita dikenal oleh mereka sebagai bangsa yang santun dan baik serta taat melaksanakan ibadah haji," imbau Bupati Wardan.
 
Pada kegiatan pelepasan ini, terhadap 237 orang Jema'ah Calon Haji ini juga dilakukan prosesi tepuk tepung tawar oleh Bupati Wardan beserta Istri serta oleh segenap Unsur Forkopimda Kabupaten Inhil yang turut hadir mendampingi Bupati.
 
Terlihat, suasana dilokasi pelepasan diwarnai oleh isak tangis keluarga Jema'ah Calon Haji yang rela berdesak - desakan demi mengantarkan sanak familinya menuju tanah suci untuk menunaikan ibadah haji. Dalam suasana penuh haru itu, Bupati Wardan pun menyempatkan diri untuk turut mengantarkan para jema'ah calon haji hingga dermaga sembari melambaikan tangan.(Diskominfo) 
 

Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: redaksi@gagasanriau.com
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker