Bakso Mengandung Babi, Pemko Kasih Izin, BBPOM Pekanbaru Dinilai Keluarkan Sampel Keliru

Soal Bakso Babi, Saling Anulir Surat Dinkes Pekanbaru Vs BPPOM


Dibaca: 642 kali 
Kamis,31 Agustus 2017 - 21:18:04 WIB
Soal Bakso Babi, Saling Anulir Surat Dinkes Pekanbaru Vs BPPOM ILUSTRASI

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Agaknya Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Kota Pekanbaru, harus bekerja keras untuk mempertahankan reputasinya sebagai lembaga negara yang mengurusi kelayakan soal makanan dan obat ini.

Pasalnya pasca surat edaran yang marak dan menjadi berita utama di media pemberitaan lokal ini mulai menuai kritikan.

Hal ini bermula dari tudingan bahwa BBPOM Pekanbaru keliru dalam melakukan uji bakso tersebut dan saat ini cukup "viral" di media sosial instagram. Tudingan itu pertama kali diunggah oleh akun instagram @pkucity, Rabu (30/8).

Dalam unggahannya, akun yang memiliki 48 ribu lebih pengikut itu menuliskan bahwa BBPOM Pekanbaru keliru dan meminta maaf terkait uji laboratorium di warung Bakso Mekar.

Akun tersebut memposting pernyataan itu saat Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru memberikan izin warung Bakso Mekar kembali buka Kamis kemarin, setelah izin operasional dibekukan selama sepekan pasca temuan bakso mengandung babi.

Hingga saat ini, unggahan itu menyita perhatian publik dan menjadi pembahasan sejak pertama kali ditulis. Terdapat 251 komentar, yang beberapa diantaranya menyayangkan sikap BBPOM Pekanbaru, namun cukup banyak yang mendukung BBPOM.

Hal ini bertambah menjadi kontrovesi takkala, Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru mengeluarkan surat Nomor 443.5/Dinkes-PL/40 tentang pencabutan sanksi yang ditujukan kepada pimpinan TPM Bakso Mekar Jalan Ahmad Dahlan, Rabu (29/8).

Dalam surat itu, Dinkes Pekanbaru menyatakan hasil inspeksi sinitasi kesehatan lingkungan di TPM (tempat pengolahan makanan) Bakso Mekar, dinyatakan menenuhi syarat "hygiene sanitasi".

Kedua, TPM Bakso Mekar sudah bersedia memperpanjang izin laik hygiene sanitasi dan sekarang dalam proses pengurusan di Dinkes Kota Pekanbaru. Dengan sudah dipenuhinya syarat-syarat diatas, selanjutnya TPM dimaksud dapat beroperasi kembali.

Surat tersebut ditandatangani langsung oleh Kepala Dinkes Pekanbaru, Drg Helda S Munir. Namun, hingga berita ini diturunkan Helda belum memberikan penjelasan secara rinci kebijakan mengeluarkan surat tersebut.

Pihak BPPOM sendiri dengan tegas membantah telah keliru dalam melakukan uji kandungan bakso mengandung fragmen DNA spesific porcine (babi) pada warung Bakso Mekar.

"Kita bekerja secara profesional dan ada standar operasional prosedur dalam bekerja," kata Kepala BBPOM Pekanbaru, Muhammad Kashuri kepada Antara di Pekanbaru, Kamis.

Dia menjelaskan temuan bakso mengandung babi di warung Bakso Mekar, yang beralamat di Jalan KH Ahmad Dahlan Pekanbaru seluruhnya melewati prosedur dan terekam serta bisa dipertanggung jawabkan.

Dia menyayangkan adanya tudingan tersebut, namun dia menilai bahwa masyarakat Kota Pekanbaru cerdas untuk menilai sesuatu.

Saya kira masyarakat Pekanbaru cerdas untuk menilai (tudingan) itu," lanjutnya.

Diberitakan sebelumnya, Bakso Mekar di Jalan Ahmad Dahlan sempat direkomendasikan oleh BBPOM untuk diberhentikan aktivitasnya sementara menyusul bakso yang disajikan terdeteksi Fragmen DNA Spesific Porcine (babi).

Temuan itu berdasarkan uji BBPOM Pekanbaru kepada sejumlah pedagang bakso di kawasan Jalan KH Ahmad Dahlan Pekanbaru, Mei lalu. Namun, dari sejumlah sampel, hanya warung Bakso Mekar terdeteksi mengandung fragmen babi.

Surat rekomendasi penghentian operasi sementara bakso Mekar dikeluarkan pada 22 Agustus 2017, atau tiga bulan setelah uji sampel. Lamanya rentang waktu uji laboratorium dan hasil uji dikarenakan BBPOM Pekanbaru belum memiliki laboratorium sendiri untuk melakukan pengujian.

Editor Arif Wahyudi


Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu,23 Juni 2018 - 02:06:15 WIB

    Said Syarifuddin Akui Kehadiran Pjs Bupati Warnai Jalannya Pembangunan

    Said Syarifuddin Akui Kehadiran Pjs Bupati Warnai Jalannya Pembangunan GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN -Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), H Said Syarifuddin mengakui kehadiran Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Inhil, Rudyanto telah mewarnai jalannya Pemerintahan d
  • Jumat,22 Juni 2018 - 23:36:08 WIB

    Malam Resepsi Syukuran Milad Ke-53 Tahun 2018 di Kediaman Bupati Inhil

    Malam Resepsi Syukuran Milad Ke-53 Tahun 2018 di Kediaman Bupati Inhil GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) menggelar malam resepsi dalam rangka Syukuran Milad Ke - 53 tahun 2018 di kediaman dinas Bupati Inhil, Jalan Kesehatan Nomor 1, Te
  • Kamis,21 Juni 2018 - 19:15:28 WIB

    Milad Ke-53 Inhil, Rudiyanto Sebut Tahun 2018 Menjadi 'Ladang' Prestasi

    Milad Ke-53 Inhil, Rudiyanto Sebut Tahun 2018 Menjadi 'Ladang' Prestasi GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN -Pada peringatan Milad Ke - 53 Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Pejabat Sementara (Pjs) Kabupaten Inhil, Rudyanto menyebutkan bahwa, tahun 2018 menjadi 'ladang' prestasi bagi
  • Kamis,21 Juni 2018 - 19:13:18 WIB

    Rapat Paripurna Milad Inhil ke-53

    Rapat Paripurna Milad Inhil ke-53 GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN -Kamis (21/6) digelar rapat paripurna istimewa dewan perwakilan rakyat daerah Kabupaten Indragiri Hilir untuk mengenang lahirnya Inhil yang berjuluk negeri hamparan kelapa dunia
  • Kamis,21 Juni 2018 - 14:32:58 WIB

    Rudiyanto Pimpin Apel Hari Pertama Pasca Cuti Lebaran

    Rudiyanto Pimpin Apel Hari Pertama Pasca Cuti Lebaran GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Sementara (Pjs) Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), H Rudyanto memimpin apel pada hari pertama masuk kerja pasca cuti panjang lebaran Idul Fitri 1439 Hijriyah di lapangan Kantor
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker