Daerah

Prosesi Pelepasan Pawai Takbir, Wardan Sebut Idul Adha Disambut Pawai Miliki 2 Dimensi

GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Dalam prosesi pelepasan pawai takbir Idul Adha 1438 Hijriyah, Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan menyebut, Hari Raya Idul Adha yang disambut pawai takbir memiliki 2 (Dua) dimensi, yakni dimensi vertikal mempererat hubungan manusia dengan Allah SWT dan horizontal mempererat hubungan antar sesama manusia.
 
Disamping itu, pada acara pelepasan pawai takbir yang bertema 'Membumikan Ibadah Qurban di Negeri Hamparan Kelapa Dunia', Bupati Wardan juga mengharapkan momentum hari raya qurban dapat dijadikan sarana yang sarat akan syiar mengagungkan nama Allah SWT dan memperkokoh Ikhuwah Islamiyah serta berharap ridho Illahi.
 
Dalam momen pelepasan pawai yang diikuti sedikitnya oleh 10 ribu orang jema'ah ini, Bupati Wardan kembali mengilas balik asal mula adanya hari raya Idul Adha. Bupati mengatakan, Idul Adha merupakan sebuah wujud dari ketakwaan seorang hamba kepada Sang Pencipta, Allah SWT yang dibarengi dengan keikhlasan.
 
"Oleh karenanya, jadikan hari raya Idul Adha ini sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah SWT, mengingatkan kembali kepada kita untuk saling berbagi antar sesama manusia," kata Bupati.
 
Lebih lanjut, Bupati Wardan menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan pawai takbir 1439 Hijriyah ini. Sebab, Bupati melihat antusiasme masyarakat Inhil begitu besar untuk datang dalam pelaksanaan pawai takbir.
 
Meski diikuti dengan antusiasme yang tinggi, Bupati Wardan juga berpesan kepada masyarakat yang hadir untuk senantiasa menjaga ketertiban dan keamanan selama pawai takbir berlangsung dan pada pelaksanaan shalat Idul Adha keesokan harinya.
 
"Saya berharap dalam pawai kali ini tidak terjadi hal - hal yang tidak diinginkan sehingga dapat berjalan dengam lancar dam baik hingga usai karena tampaknya cuaca cukup mendukung, cuaca terlihat baik. Semoga harapan ini dapat diwujudkan melalui kesadaran kita bersama," pungkas Bupati.
 
Selanjutnya, Bupati Wardan juga sedikit memberikan penyampaian Ihwal pelaksanaan Shalat Idul Adha esok hari dengan mengajak seluruh umat muslim Kabupaten Inhil untuk berbondong - bondong datang dan melaksanakan shalat Idul Adha di Mesjid serta Mushalla tempat berdomisili.
 
"Besok pagi, mari berduyun mendatangani mesjid dan mushalla melaksanakan shalat Idul Adha. Semoga shalat dapat terselenggara dengan baik dan lancar, semoga khusuk dan tawaddu," tandas Bupati Wardan.
 
Tampak hadir mendampingi Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan, Sekda Prov. Riau,  Kapolres Inhil, AKBP Dolifar Manurung, Ketua Pengadilan Negeri Tembilahan, Ketua Pengadilan Agama Tembilahan, Dandim 0314/Inhil, Letkol Inf J Hadiyanto yang diwakili Kasdim, Ketua DPRD Inhil yang diwakili oleh Wakil Ketua DPRD Inhil, Sahruddin. (adv) 


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar