KPMI Jakarta: FKI Harus Berdampak Positif Bagi Petani Kelapa Rakyat


Dibaca: 360 kali 
Jumat,08 September 2017 - 19:34:47 WIB
KPMI Jakarta: FKI Harus Berdampak Positif Bagi Petani Kelapa Rakyat
GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Kesatuan Pemuda dan Mahasiswa Inhil (KPMI) Jakarta apresiasi atas digelar nya kegiatan besar Festival Kelapa Internasional yang akan digelar 09 s/d 11 September 2017, akan mendatang investor asing serta petinggi-petinggi dari negara luar. 
 
Maka dari itu, mahasiswa asal Kabupaten Inhil yang tergabung di perkumpulan persatuan mahasiswa ini berharap kegitan Festival Kelapa Internasional memberikan dampak yang positif bagi masyarakat khususnya petani kelapa rakyat. 
 
"Kegiatan ini arus mempunyai tujuan yang jelas dari Pemda agar bisa memberikan dampak positif dalam acara tersebut, salah satunya adalah naiknya harga kelapa di inhil," ujar Ketua KPMI Fauzan Aziz Maulana, Jumat (8/9/2017).
 
Dengan diadakannya acara FKI di Kabupaten Indradiri Hilir sebagai tuan rumah bagi 18 negara yang terhimpun dalam Asian and Pacific Coconut Community (APCC), tentunya ini sebuah kesempatan besar yang harus dimanfaatkan oleh Pemerintah Daerah (Pemda), sebagai langkah untuk mengoptimalkan sumberdaya perkebunan di inhil. 
 
"Kegiatan besar yang di hadiri oleh beberapa negara luar serta investor asing, akan memakan anggaran tidak sedikit. Jangan sampai hanya mendapat gaungnya saja dan terkesan sebagai acara seremonial semata," ungkapnya. 
 
Kabupaten Inhil sebagai Negeri pemilik kebun kelapa terluas di dunia, Indonesia mempunyai perkebunan seluas 3,7 juta hektare yang tersebar di Indonesia dan  430.000 hektare. Namun pada kenyataanya hal ini berbanding terbalik jika dibandingkan negara lain, dalam hal harganya jual kelapa. 
 
"Miris sekali saya melihat kondisi perkebunan kelapa di Inhil ditambah lagi dengan harga kelapa yang sangat murah, itu terjadi hampir setiap tahun seperti saat lebaran ataupun agenda-agenda besar lainnya, itu tidak mencerminkan inhil sebagai kota kelapa terluas sedunia," ungkapnya. 
 
Mahadiswa yang tergabung dihimpunan KPMI Jakarta, berharap dengan dilaksanakannya acara Festival Kelapa Internasional ini bisa menguntungkan bagi masyarakat petani kelapa di Inhil bukan segelintir orang. Akan tetapi pemerintah harus mampu mengoptimalkan harga jual kelapa di Inhil. 
 
"Kasihan masyarakat Inhil mayoritas petani kelapa tapi selalu di rugikan, pemerintah harusnya super aktif dalam mengoptimalkan sumberdaya perkebunan di Inhil. Banyak PR yang harus diselesaikan oleh Pemda terkait perkelapaan di Inhil, belum lagi banyak nya tanah yang diserobot oleh perusahaan yang tidak terselaikan oleh Pemda," katanya lagi. 
 
Reporter: Daud M Nur 

Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,23 Februari 2018 - 17:53:08 WIB

    Dikunjungi TP-PKK Inhil, Heni Harapkan Bantuan dan Kerjasama Demi Kejayaan PKK di Inhil

    Dikunjungi TP-PKK Inhil, Heni Harapkan Bantuan dan Kerjasama Demi Kejayaan PKK di Inhil GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN-Pengurus Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) mengunjungi istri Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Inhil, Zuheni Dewi Sriyani di kediaman Dinas Bupati Inhil,
  • Jumat,23 Februari 2018 - 14:35:07 WIB

    Perdana, Pj Bupati Inhil Pimpin Rapat Koordinasi Bersama Jajaran

    Perdana, Pj Bupati Inhil Pimpin Rapat Koordinasi Bersama Jajaran GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN-Untuk pertama kalinya pasca dikukuhkan, Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Rudiyanto memimpin rapat koordinasi bersama seluruh jajaran di lingkungan Pemerintah Kabupaten Inhil, Jumat (23/2/2018)
  • Jumat,23 Februari 2018 - 14:28:45 WIB

    Mapolsek Keritang Gelar Latihan Penanggulangan Karlahut

    Mapolsek Keritang Gelar Latihan Penanggulangan Karlahut GAGASANRIAU.COM,TEMBILAHAN-Menghadapi kondisi cuaca yang mulai ekstrim, jajaran Kepolisian Resort Indragiri Hilir bersama instansi terkait mulai mempersiapkan diri untuk menanggulangi karhutla (kebakaran lahan dan hutan), yang menjadi penyeba
  • Kamis,22 Februari 2018 - 22:41:31 WIB

    Dua Tewas di TKP Akibat Lakalantas di Rumbai

    Dua Tewas di TKP Akibat Lakalantas  di Rumbai GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU-Jalan raya kembali memakan korban jiwa. Dua nyawa melayang di TKP (tempat kejadian perkara) menyusul tabrakan dua unit truk yakni Mitsubishi dump truk Fuso nopol BM 9851 VO dan truk tanki nopol BK 9421 BN, Kamis (22
  • Kamis,22 Februari 2018 - 22:29:26 WIB

    Terjadi Kebocoran Pipa Minyak di Desa Bumbung, Ini Penjelasan Pihak Chevron

    Terjadi Kebocoran Pipa Minyak di Desa Bumbung, Ini Penjelasan Pihak Chevron GAGASANRIAU.COM, DURI-Manager Communication PT Chevron Pacific Indonesia (CPI), Danya Dewanti, mengatakan Chevron berkomitmen untuk terus memelihara operasi yang selamat, efisien dan handal untuk memproduksi pasokan minyak bagi negara.
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker