Dinner di Kediaman, Wardan Jamu Delegasi International Coconut Exhibition 2017


Dibaca: 409 kali 
Sabtu,09 September 2017 - 11:54:07 WIB
Dinner di Kediaman, Wardan Jamu Delegasi International Coconut Exhibition 2017
GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan menjamu para delegasi International Coconut Exhibition tahun 2017 dalam acara Gala Dinner yang dilaksanakan di Kediaman Bupati Inhil, Jalan Kesehatan Nomor 1, Tembilahan, Jum'at (8/9/2017) malam.
 
Gala dinner yang diadakan untuk menyambut kedatangan para peserta International Coconut Exhibition 2017 dan difungsikan sebagai ajang beramah - tamah ini diikuti oleh Direktur Eksekutif APCC, Mr Uron Neil dan ratusan delegasi, baik delegasi yang berasal dari luar negeri maupun dalam negeri.
 
Dalam sambutannya, Bupati Kabupaten Indragiri Hilir, HM Wardan mengatakan, julukan Kabupaten Indragiri Hilir sebagai 'Negeri Seribu Parit' dan 'Negeri Hamparan Kelapa Dunia' sangatlah beralasan. Selain terdapat parit yang begitu banyak, Kabupaten Inhil juga memiliki perkebunan kelapa yang begitu luas kepunyaan masyarakat.
 
Selain itu, Bupati Wardan juga sedikit menceritakan asal - usul perkembangan perkebunan kelapa di Inhil sejak ratusan tahun lalu. Dituturkan Bupati, sejarah perkembangan perkebunan kepapa rakyat berawal sejak masuknya masyarakat beragam suku, seperti suku Banjar, Bugis dan Jawa.
 
"Melalui suku banjar, yang mungkin telah terbiasa di daerah asalnya Kalimantan, teknik pengembangan varietas Kelapa Dalam berhasil ditemukan," ujar Bupati.
 
Dihadapan para delegasi luar negeri dan ratusan hadirin lainnya, Bupati Wardan menjelaskan tentang teknik irigasi tradisional, sistem trio tata air yang sejak puluhan tahun lalu diterapkan oleh masyarakat pekebun Kabupaten Inhil.
 
Kendati memiliki sistem pengairan tradisional yang diterapkan di era modern, diungkapkan Bupati Wardan, Kabupaten Inhil juga tidak luput dari permasalahan di bidang perkebunan kelapa yang hingga saat ini menjadi kendala dalam upaya pengembangan.
 
"Sedikitnya, 100 ribu hektare lahan perkebunan kelapa masyarakat yang mengalami kerusakan yang disebabkam oleh beberapa faktor, seperti intrusi air laut, dan serangan hama,"
 
Padahal, menurut Bupati, keberadaan perkebunan kelapa telah banyak memberikan kontribusi bagi masyarakat Inhil dan dinamika pembangunan daerah.
 
Disamping persoalan alam, perkebunan Kelapa di Kabupaten Inhil juga dihadapkan dengan permasalahan minimnya industri pengolahan kelapa. Menurut Bupati Wardan, problema pengolahan kelapa di Kabupaten Inhil tersebut memerlukan campur tangan pemerintah untuk mengatasinya. Peran yang diharapkan dari Pemerintah Pusat ialah berupa bantuan untuk mendorong upaya pengembangan hilirisasi kelapa.
 
"Dengan begitu, pasokan kelapa yang berlimoah di Inhil dapat tersedot oleh kebutuhan industri. Dampak positifnya, permintaan akan kelapa akan meningkat, monopoli atau tekanan terhadap harga pun tidak akan terjadi," papar Bupati.
 
Sedangkan peranan luar negeri yang diharapkan, khususnya oleh APCC, dikatakan Bupati Wardan ialah berupa promosi potensi kelapa di Kabupaten Inhil guna mendatangkan investor asing sehingga dapat memperbaiki iklim investasi yang saat ini tidak berimbang karena minimnya industri pengolahan.
 
Pada acara Gala Dinner ini, para delegasi International Coconut Exhibition Tahun 2017 disuguhi oleh tayangan audio visual tentang Kabupaten Inhil, beragam jenis tari - tarian tradisional dan lantunan sya'ir ibarat.(adv/Diskominfo) 

Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,23 Februari 2018 - 17:53:08 WIB

    Dikunjungi TP-PKK Inhil, Heni Harapkan Bantuan dan Kerjasama Demi Kejayaan PKK di Inhil

    Dikunjungi TP-PKK Inhil, Heni Harapkan Bantuan dan Kerjasama Demi Kejayaan PKK di Inhil GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN-Pengurus Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) mengunjungi istri Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Inhil, Zuheni Dewi Sriyani di kediaman Dinas Bupati Inhil,
  • Jumat,23 Februari 2018 - 14:35:07 WIB

    Perdana, Pj Bupati Inhil Pimpin Rapat Koordinasi Bersama Jajaran

    Perdana, Pj Bupati Inhil Pimpin Rapat Koordinasi Bersama Jajaran GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN-Untuk pertama kalinya pasca dikukuhkan, Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Rudiyanto memimpin rapat koordinasi bersama seluruh jajaran di lingkungan Pemerintah Kabupaten Inhil, Jumat (23/2/2018)
  • Jumat,23 Februari 2018 - 14:28:45 WIB

    Mapolsek Keritang Gelar Latihan Penanggulangan Karlahut

    Mapolsek Keritang Gelar Latihan Penanggulangan Karlahut GAGASANRIAU.COM,TEMBILAHAN-Menghadapi kondisi cuaca yang mulai ekstrim, jajaran Kepolisian Resort Indragiri Hilir bersama instansi terkait mulai mempersiapkan diri untuk menanggulangi karhutla (kebakaran lahan dan hutan), yang menjadi penyeba
  • Kamis,22 Februari 2018 - 22:41:31 WIB

    Dua Tewas di TKP Akibat Lakalantas di Rumbai

    Dua Tewas di TKP Akibat Lakalantas  di Rumbai GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU-Jalan raya kembali memakan korban jiwa. Dua nyawa melayang di TKP (tempat kejadian perkara) menyusul tabrakan dua unit truk yakni Mitsubishi dump truk Fuso nopol BM 9851 VO dan truk tanki nopol BK 9421 BN, Kamis (22
  • Kamis,22 Februari 2018 - 22:29:26 WIB

    Terjadi Kebocoran Pipa Minyak di Desa Bumbung, Ini Penjelasan Pihak Chevron

    Terjadi Kebocoran Pipa Minyak di Desa Bumbung, Ini Penjelasan Pihak Chevron GAGASANRIAU.COM, DURI-Manager Communication PT Chevron Pacific Indonesia (CPI), Danya Dewanti, mengatakan Chevron berkomitmen untuk terus memelihara operasi yang selamat, efisien dan handal untuk memproduksi pasokan minyak bagi negara.
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker