Field Trip, Bupati Wardan dan Delegasi APCC


Dibaca: 179 kali 
Senin,11 September 2017 - 16:42:57 WIB
Field Trip, Bupati Wardan dan Delegasi APCC
GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Pada Field Trip yang dilaksanakan sebagai salah satu rangkaian dalam Festival Kelapa Internasional (FKI) Tahun 2017, Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan dan para delegasi Asian Pacific Coconut Community (APCC) mengikuti kegiatan panen kelapa bersama warga di Parit Tanjung Pasir, Kelurahan Tanjung Pidada, Kecamatan Tempuling, Senin (11/9/2017) pagi.
 
Sebelum proses memanen di mulai, Bupati Wardan tidak lupa mengajak peserta masyarakat dan para delegasi untuk memperagakan salam khas, salam lima jari, 'salam kelapa'. 
 
“Salam kelapa, dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, kelapa yang ada disana langsung kita hanyutkan,” ujar Bupati Inhil memulai proses menghilirkan kelapa yang disambut riuh meriah delegasi dan masyarakat sekitar yang antusias menyaksikan.
 
Setelah kelapa hanyut dari hulu ke hilir menuju tempat yang telah dipersiapkan, kelapa yang berada di dalam kanal selanjutnya dinaikkan ke darat dengan cara ditombak untuk dimasukkan kedalam ambung atau keranjang yang biasanya di sandang di punggung.
 
Dalam proses menikkan kelapa dari kanal, Bupati Inhil pun tak mau ketinggalan mencoba proses menombak kelapa tersebut, bersama Direktur Eksekutif APCC Mr. Uron N. Salum dan delegasi negara lainnya, Bupati Inhil dengan cekatan menombak kelapa di permukaan kanal.
 
Setelah ambung terisi penuh, selanjutnya kelapa dibawa ke tempat proses menyalak atau mengupas untuk kemudian diolah dengan dibawa ke pabrik.
 
Hampir seluruh delegasi dari berbagai negara tampak mencoba proses menyalak tersebut, seperti delegasi dari India yang tampak mahir dalam menyalak, begitu juga Edy Hariyanto Sindrang yang turut hadir dan tampak mahir melakukan proses tersebut.
 
Dalam kesempatan ini, dikatakan Wardan, dibawanya para tamu dari luar ini ditujukan untuk melihat langsung perkebunan kelapa dan menyaksikan kehidupan masyarakat yang bertani kelapa. 
 
"itulah kehidupan masyarakat kita,  tempat yang kita kunjungi ini bukan tempat yang baik, masih ada yang lebih baik,  kita bisa ke pulau nurung,  disana perkebunan sudah tertata dengan baik,"katanya
 
Namun demikian,  tamu yang dibawa Bupati Wardan itu merasa sangat puas dan senang telah berada dan menyaksikan langsung proses panen kelapa, seperti yang diungkapkan delegasi dari Belanda, Sjaak Dekleen, yang merasa sangat senang dengan perjalanan menuju kebun kelapa masyarakat serta bisa mengikuti dan mencoba setiap tahapan memanen kelapa. 
 
"Saya sangat bahagia melihat antusias masyarajat disini,  mungkin saya akan kembali,  dan saya akan menceritakan kepada orang - orang di negara saya,"ujarnya
 
Usai mengikuti serangkaian kegiatan memanen kelapa,  Bupati Inhil bersama para delegasi dan rombongan lainnya pun beranjak menuju Perusahaan Industri Kelapa, PT Inhil Sarimas Kelapa di Kecamatan Kempas. (adv/Diskominfo) 

Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,26 September 2017 - 10:18:07 WIB

    Badko HMI Riau Kepri Kunjungi Danrem 031 Riau

    Badko HMI Riau Kepri Kunjungi Danrem 031 Riau GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Dalam rangka realisasi program kerja, Badan Kordinasi (Badko) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Riau-Kepulauan Riau melakukan kunjungan ke Komando Resort Militer (Korem) 031/Wirabima Riau Senin, 25 S
  • Senin,25 September 2017 - 21:25:52 WIB

    Aditya: P-BNN Inhil Rapatkan Barisan Restrukturisasi Organisasi

    Aditya: P-BNN Inhil Rapatkan Barisan Restrukturisasi Organisasi GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Pemuda Bersama Ninggalin Narkoba (P-BNN) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) dalam waktu dekat ini akan segera melangsungkan Rapat Koordinasi (Rakor) bersama, dalam ran
  • Senin,25 September 2017 - 15:35:52 WIB

    Abaikan Tenaga Kerja Lokal, Masyarakat Sei Duku Demo PT BTA

    Abaikan Tenaga Kerja Lokal, Masyarakat Sei Duku Demo PT BTA GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Masyarakat Kelurahan Tanjung Rhu Kecamatan Limapuluh persisnya di Pelabuhan Sei Duku Pekanbaru mendatangi PT PT Bandar Teguh Abadi (BTA) karena mengabaikan tenaga kerja
  • Senin,25 September 2017 - 14:27:24 WIB

    Tim Harat Tangkap Sepasang Sejoli di Kamar Hotel Tembilahan

    Tim Harat Tangkap Sepasang Sejoli di Kamar Hotel Tembilahan GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Tim Harat bersama Unit Opsnal Sat Res Narkoba Polres Inhil tangkap sepasang sejoli, diduga menjadi pelaku tindak pidana narkotika. 
  • Senin,25 September 2017 - 14:01:55 WIB

    Lagi, Tim Harat Bekuk Pencuri Motor di Tembilahan

    Lagi, Tim Harat Bekuk Pencuri Motor di Tembilahan GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Tim Harat Unit Opsnal Sat Reskrim Polres Indragiri Hilir, kembali menangkap seorang tersangka, yang diduga menjadi pelaku tindak pidana pencurian sepeda motor di Temb
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: redaksi@gagasanriau.com
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker