Inilah Syarat Dukungan Jika Paslon Independen Maju Pilkada Riau


Dibaca: 429 kali 
Selasa,12 September 2017 - 14:30:36 WIB
Inilah Syarat Dukungan Jika Paslon Independen Maju Pilkada Riau Ilustrasi

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada) di Provinsi Riau tahun 2018 nanti, kemungkinan untuk diramaikan oleh Pasangan Calon (Paslon) Independen tidak menutup kemungkinan. Namun hal tersebut harus terpenuhi dahulu syarat-syaratnya.

Sebagaimana disampaikan oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah Provinsi Riau. Lembaga penyelenggara Pilkada di Riau ini menetapkan syarat dukungan minimal pasangan calon perseorangan atau independen adalah 331.119 dukungan dari total Daftar Pemilih Tetap.

"Sudah diputuskan, dalam rapat pleno yakni syarat minimal pasangan calon dari jalur perseorangan sebanyak 333.119 dukungan," kata Kepala Divisi Teknis KPUD Riau, Abdul Hamid di Pekanbaru, Senin (12/9/2017)..

Dan keputusan Pleno tersebut akan diumumkan secara resmi pada November 2017 mendatang. Sementara jalur perseorangan ini, lanjut dia, mempunyai ketentuan dan syarat tersebar lebih dari 50 persen daerah di Provinsi Riau.

"Berdasarkan aturan dengan jumlah dukungan 333.119, itu minimal. Nanti dipisahkan berdasarkan kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi. Dan ini tersebar lebih dari 50 persen daerah di Provinsi Riau," ujar Abdul Hamid.

Komisioner KPU Riau bidang Hukum, Ilham M Yasir, mengatakan untuk pengumpulan berkas dukungan nantinya, pihaknya berharap agar tim bakal calon dari jalur perseorangan dapat menyusun dukungan dirinci mulai tingkat kelurahan, kecamatan dan baru pada tingkat kabupaten/kota.

Hal tersebut juga akan memudahkan tim verifikasi melakukan pengecekan data faktual di lapangan nantinya.

"Bagi bakal calon gubernur yang akan menggunakan jalur perseorangan atau jalur independen, hendaknya langsung mengumumkan siapa wakilnya nanti. Agar tidak dilakukan verifikasi ulang atau dua kali verifikasi nantinya," sebutnya.

Hingga kini, KPU Riau memberikan kesempatan kepada kandidat yang ingin maju, baik jalur partai politik maupun perseorangan, untuk berkonsultasi dengan KPUD Riau, agar pelaksanaan helat pesta demokrasi itu berjalan dengan lancar.(ANTARA)

Editor Arif Wahyudi


Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,23 Februari 2018 - 09:42:49 WIB

    Lagi, BPBD Riau Raih Penghargaan dalam Penanggulangan Karhutla

    Lagi, BPBD Riau Raih Penghargaan dalam Penanggulangan Karhutla GAGASANRIAU.COM, BALI-Kesuksesan Provinsi Riau dalam penanganan karhutla (kebakaran hutan dan lahan) kembali berbuah penghargaan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, institusi yang bertanggung jawab langsung dalam penanganan karh
  • Kamis,22 Februari 2018 - 17:37:48 WIB

    Jumlah Hotspot Terpantau Terus Meningkat

    Jumlah Hotspot Terpantau Terus Meningkat GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU-Jumlah hotsport di Provinsi Riau menunjukkan gejala peningkatan. Kalau sebelumnya hotspot hanya terpantau di tiga daerah, belakangan makin meluas. Informasi terakhir, jumlah hotspot di daerah ini sudah tercatat seba
  • Kamis,22 Februari 2018 - 17:19:34 WIB
    Dinilai Bertentangan dengan Banyak UU

    Masyarakat Adat Bersama Walhi Ajukan Uji Materi Perda No. 10/2015 ke MA

    Masyarakat Adat Bersama Walhi Ajukan Uji Materi Perda No. 10/2015 ke MA GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU-Aditia Bagus Santoso yang merupakan kuasa hukum Himyul Wahyudi, Supriadi dan Darwin selaku masyarakat adat Kabupaten Kampar dan Kabupaten Indragiri Hulu bersama Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) mengajukan p
  • Rabu,21 Februari 2018 - 14:47:25 WIB

    BRG Siapkan Tiga Langkah Utama Hadapi Karhutla di Riau

    BRG Siapkan Tiga Langkah Utama Hadapi Karhutla di Riau GAGASANRIAU.COM, JAKARTA-Menyusul datangnya musim kemarau, sejumlah titik apimulai bermunculan dan kebakaran hutan di sejumlah wilayah di Kalimantan dan Sumatera. BRG (Badan Restorasi Gambut) merespon cepat kondisi itu.  
  • Rabu,21 Februari 2018 - 14:24:17 WIB

    KPK Puji Program Riau Berintegritas Andi Rachman

    KPK Puji Program Riau Berintegritas Andi Rachman GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU-Wakil Ketua KPK Saut Situmorang memuji program Riau berintegritas yang dijalankan Pemerintah Provinsi Riau saat ini.    Calon gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, Rabu, (21/2
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker